Beranda / Berita / Dunia / Presiden Tsai: Taiwan Ingin Hidup Damai, Tanpa Konfrontasi Militer

Presiden Tsai: Taiwan Ingin Hidup Damai, Tanpa Konfrontasi Militer

Jum`at, 08 Oktober 2021 22:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. [Foto: Twitter/@iingwen]


DIALEKSIS.COM | Taiwan - Kata-kata keras diucapkan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen kepada Beijing setelah meningkatnya penerbangan pesawat China ke zona pertahanan udara pulau itu baru-baru ini, Jum'at (8/10/2021).

“Taiwan tidak menginginkan konfrontasi militer. Taiwan mengharapkan hidup berdampingan secara damai, stabil, dapat diprediksi dan saling menguntungkan dengan negara-negara tetangganya. Tetapi Taiwan juga akan melakukan apapun yang diperlukan untuk membela kebebasannya dan cara hidup demokratisnya,” kata Tsai, dilansir dari VoA Indonesia, Jum'at (8/10/2021).

Jumat pekan lalu, sekitar 150 pesawat tempur China terbang mendadak di dekat Taiwan. Ini merupakan tingkat ketegangan baru dalam hubungan lintas selat.

Meskipun ini tampaknya telah berakhir, Taiwan telah mengeluhkan aktivitas semacam itu selama lebih dari setahun ini, seraya mengatakan sebagai “perang di zona abu-abu.”

Taiwan menyatakan aktivitas itu dirancang untuk melemahkan angkatan bersenjata dan menguji kemampuan mereka untuk menanggapinya.

Sementara China mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya. [VoA Ind]

Keyword:


Editor :
Indri

gabung 1
Komentar Anda