Beranda / Berita / Dunia / Pasca Biden Menang, Uni Eropa Mulai Bahas Tingkatkan Hubungan dengan AS

Pasca Biden Menang, Uni Eropa Mulai Bahas Tingkatkan Hubungan dengan AS

Senin, 30 November 2020 19:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Bendera Uni Eropa dan Amerika Serikat. [Foto: AP]

DIALEKSIS.COM | Brussel - Uni Eropa akan memulai berunding pada hari Senin (30/11/2020) tentang cara terbaik untuk meningkatkan hubungan transatlantik setelah kepergian Presiden AS Donald Trump, kata pejabat Uni Eropa.

Duta besar dari 27 negara Uni Eropa akan mempertimbangkan lima bidang kebijakan luas di mana mereka melihat peluang lebih besar untuk bekerja sama dengan Presiden terpilih Joe Biden setelah empat tahun yang tegang dengan Trump.

Kelima kebijakan tersebut, yaitu memerangi pandemi COVID-19, meningkatkan pemulihan ekonomi, memerangi perubahan iklim, mempromosikan perdamaian dan keamanan, dan menjunjung tinggi nilai-nilai bersama, termasuk kepercayaan pada aturan multilateral.

Para pemimpin Uni Eropa diperkirakan akan membahas hubungan transatlantik ketika mereka bertemu untuk pertemuan puncak pada 10-11 Desember 2020.

Charles Michel, mantan perdana menteri Belgia yang mengepalai pengelompokan negara-negara Uni Eropa yang disebut Dewan Eropa, telah mengundang Biden ke pertemuan puncak secara langsung, segera setelah dia menjabat.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan Amerika Serikat dan Uni Eropa perlu membentuk aliansi transatlantik baru di berbagai bidang seperti perubahan iklim dan ekonomi digital. (Reuters)

Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda