Logo Dialeksis - Masker
Beranda / Berita / Aceh / Siapa Wabup Bener Meriah, Dailami atau Yusrol Hana?

Siapa Wabup Bener Meriah, Dailami atau Yusrol Hana?

Kamis, 26 November 2020 16:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Suasana rapat pembahasan wakil bupati Bener Meriah. [Foto: dok.]

DIALEKSIS.COM | Bener Meriah - Apakah Dailami atau Yusrol Hana yang akan mendampingi Sarkawi melanjutkan sisa jabatanya hingga ahir 2022 sebagai pemimpin di Bener Meriah? Partai pengusung dalam sebuah musyawarah sudah memutuskan dua nama untuk mendampingi Sarkawi. 

Tgk Sarkawi sudah dilantik menjadi Bupati Bener Meriah sejak 30 April 2019. Namun sampai saat ini belum ada pendamping Abuya (panggilan akrab bupati ini) dalam menjalankan roda pemerintahan.

Partai pengusung yang sudah mendudukan pasangan Ahmadi- Tgk Sarkawi sebagai bupati Bener Meriah, priode 2017-2022, setelah melalui proses panjang ahirnya menetapkan dua nama untuk diusulkan sebagai pendamping Sarkawi.

Sebelumnya ada tiga nama yang muncul bakal mendampingi Sarkawi, (Dailami, Yusrol Hana dan Hasanah). Namun belakangan, setelah melalui proses yang panjang akhirnya nama Hasanah, istri dari Ahmadi, mantan bupati Bener Meriah, tidak masuk sebagai calon yang akan digodok di DPRK Bener Meriah.

Catatan Dialeksis.com, Tgk. Sarkawi melanjutkan pimpinan sebagai bupati pada 30 April 2019 lalu, setelah dia dilantik menjadi bupati menggantikan posisi Ahmadi yang sebelumnya menjabat sebagai bupati, namun tersandung hukum bersama Irwandi Yusuf.

Namun sudah setahun setengah Sarkawi menjabat sebagai bupati, belum ada kepastian siapa yang akan mendampinginya sebagai wakil bupati, posisi yang sudah ditinggalkan Sarkawi setelah dia dilantik sebagai bupati.

Partai pengusung yang sudah mendudukan pemimpin di Bener Meriah ini, Partai Golkar, PKB, PKS dan PDA, dalam sebuah rapat minggu ketiga November 2020 ini, di ruang wakil ketua DPRK setempat, ahirnya sepekat untuk mengajukan dua calon pendamping Sarkawi, yaitu Dailami (Golkar) dan Yusrol Hana (PKS).

Dalam rapat ini dihadiri oleh tiga kandidat calon wakil bupati yang akan mendampingi Sarkawi (Dailami, Yusrol Hana dan Hasanah). Namun dalam perkembangan rapat itu ahirnya memutuskan dua nama, Dailami dan Yusrol Hana.

Kedua kandidat ini sedang mempersiapkan administrasi untuk persyaratan. Persyaratan itu nantinya akan disampaikan partai politik pengusung kepada Abuya. Kemudian Abuya akan mengirimkanya ke DPRK untuk dibawa dalam rapat paripurna, sebut sumber Dialeksis.com yang enggan jati dirinya disiarkan.

“Benar kami lagi menyiapkan berkas persyaratan administrasi. Dua calon yang disetujui, saya dan Yusrol harus menyiapkan berkas administrasi, direncanakan awal Desember ini akan dibahas dalam persidangan dewan,” sebut Dailami, salah seorang kandidat, ketika diminta tanggapanya oleh Dialeksis.com.

Siapa nantinya akan mendampingi Sarkawi atau Yusrol Hana? Belum ada pihak yang secara resmi menyebutkan siapa yang akan menjadi wabup Bener Meriah. (baga)

Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda