dinsos
Beranda / Berita / Dunia / Kakak Presiden Sri Lanka, Basil Rajapaksa Mundur dari Parlemen

Kakak Presiden Sri Lanka, Basil Rajapaksa Mundur dari Parlemen

Kamis, 09 Juni 2022 18:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Basil Rajapaksa saat diwawancara oleh Reuters di Kolombo. [Foto: Dinuka Liyanawatte/Reuters]


DIALEKSIS.COM | Kolombo - Basil Rajapaksa, saudara lelaki presiden Sri Lanka dan mantan menteri keuangan negara itu, mengatakan dia telah mengundurkan diri dari parlemen, politisi kedua dari keluarga berpengaruh yang mundur dari pemerintah di tengah krisis ekonomi yang parah.

"Mulai hari ini saya tidak akan terlibat dalam kegiatan pemerintah apa pun, tetapi saya tidak dapat dan tidak akan mundur dari politik," kata Rajapaksa kepada wartawan, Kamis (9/6/2022), mengutip Aljazeera.

Kakak laki-laki Presiden Gotabaya Rajapaksa, Mahinda Rajapaksa, mengundurkan diri sebagai perdana menteri bulan lalu setelah protes berkepanjangan terhadap krisis ekonomi berubah menjadi mematikan. Namun, Mahinda tetap menjadi anggota parlemen.

Tiga bersaudara Rajapaksa telah menjadi pemain kunci dalam politik Sri Lanka selama beberapa dekade, tetapi dipersalahkan oleh ribuan pengunjuk rasa yang turun ke jalan dalam beberapa bulan terakhir karena salah menangani ekonomi negara pulau itu.

Pertikaian antara saudara-saudara juga berperan dalam meluncurnya Sri Lanka ke dalam kekacauan, tetapi Basil Rajapaksa kemungkinan akan mempertahankan pengaruhnya.

Perdana Menteri baru Ranil Wickremesinghe memimpin upaya untuk menemukan jalan keluar dari krisis, negosiasi  dengan Dana Moneter Internasional (IMF) untuk program pinjaman dan dukungan dari negara-negara sahabat, termasuk India dan China. [Aljazeera]

Keyword:


Editor :
Indri

dinas perikanan
dinas pendidikan dayah
esdm
Komentar Anda