Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Dunia / Jet Israel Menghantam Gaza setelah Tembakan Roket ke Israel

Jet Israel Menghantam Gaza setelah Tembakan Roket ke Israel

Sabtu, 15 Juni 2019 13:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Militer Israel mengatakan pesawat jet menghantam daerah HAMAS sebagai balasan roket yang mengenai seminari di Israel. (Foto: Mohammed Salem/Reuters)


DIALEKSIS.COM | Palestina - Pesawat-pesawat tempur Israel telah menyerang beberapa sasaran Hamas di Jalur Gaza menyusul serangan roket Palestina di selatan Israel, kata militer.

Insiden itu terjadi setelah Israel dan Hamas bertukar tembakan roket pada hari Kamis (13/6/2019), dalam eskalasi lintas-perbatasan pertama yang serius sejak gelombang pertempuran di bulan Mei.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat (14/6/2019), militer Israel mengatakan jet tempur menyerang "infrastruktur di kompleks militer dan kompleks militer angkatan laut Hamas sebagai bagian dari serangan terhadap sejumlah situs teror Hamas di seluruh Jalur Gaza".

Pernyataan itu mengatakan serangan itu datang sebagai tanggapan atas roket yang diluncurkan dari Gaza yang menghantam sebuah seminari Yahudi di kota Sderot.

Seminari itu kosong pada saat serangan itu karena para siswa telah pergi untuk merayakan Sabat Yahudi bersama keluarga mereka.

"Jika roket itu mengenai beberapa jam sebelumnya, akan ada bencana," kata mantan Menteri Pertahanan Amir Peretz, seorang warga Sderot, dalam sebuah wawancara dengan radio publik Israel, Jumat.

Tidak ada korban dilaporkan di pihak mana pun.

Berbicara dari Jalur Gaza, Abdellatif al-Qanoo ', seorang juru bicara Hamas, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa tembakan roket itu sebagai respons terhadap agresi Israel.

"Pendudukan [Israel] menghasilkan buah dari eskalasi sendiri, serangan terus menerus [terhadap Gaza] dan kemandekannya dalam mengimplementasikan perjanjian antara kami.

"Orang-orang kami akan terus menantang pendudukan. Kami akan menanggapi perilaku ini [serangan Israel] dengan terus mengumpulkan dan berbaris," tambah al-Qanoo 'mengacu pada protes yang direncanakan di sepanjang perbatasan Israel-Gaza pada hari Jumat.

Eskalasi terbaru terjadi setelah penutupan perairan lepas pantai Israel oleh nelayan Israel pada hari Rabu dalam apa yang dikatakannya sebagai tanggapan terhadap balon pembakar yang diluncurkan di perbatasan yang menyebabkan kebakaran di ladang di Israel selatan minggu ini.

"Karena peluncuran terus-menerus balon dan layang-layang dari Jalur Gaza ke Israel, telah diputuskan malam ini [Rabu] untuk tidak mengizinkan akses ke ruang maritim Gaza sampai pemberitahuan lebih lanjut," Koordinasi Kegiatan Pemerintah di Wilayah (COGAT) , departemen kementerian pertahanan Israel yang bertanggung jawab atas urusan sipil Palestina, mengatakan.

Seorang juru bicara dinas pemadam kebakaran Israel mengatakan, balon pembakar dari Gaza menyebabkan tujuh kebakaran pada hari Selasa saja. Pada tahun lalu, warga Palestina telah membakar sejumlah lahan pertanian di Israel selatan. (Al Jazeera)


Editor :
Indri

Komentar Anda