Logo Dialeksis - Masker
Beranda / Berita / Dunia / Cina Tangkap Wartawan Bloomberg, Ini Alasannya

Cina Tangkap Wartawan Bloomberg, Ini Alasannya

Sabtu, 12 Desember 2020 23:40 WIB

Font: Ukuran: - +

Ilustrasi. [Foto: AP/Kin Cheung]


DIALEKSIS.COM | Beijing - Seorang warga Cina, Haze Fan, yang bekerja untuk biro berita Bloomberg di Beijing ditahan oleh otoritas Cina. Penahanan ini dilakukan dengan alasan yang bersangkutan dicurigai membahayakan keamanan nasional, sebagaimana disampaikan oleh kantor berita tersebut dan kementerian luar negeri Cina, pada Jumat (11/12/2020).

Berdasarkan laporan dari Bloomberg, Haze Fan terlihat dikawal dari gedung apartemennya oleh petugas keamanan berpakaian preman pada hari Senin. Tidak berselang lama setelah dia berhubungan dengan salah satu editornya.

"Warga negara China, Ms. Fan telah ditahan oleh Biro Keamanan Nasional Beijing sesuai dengan hukum China yang relevan karena dicurigai terlibat dalam kegiatan kriminal yang membahayakan keamanan nasional," kata kementerian luar negeri China, dikutip dari Reuters, Sabtu (12/12/2020).

Kementerian Luar Negeri menyebut sedang dilakukan penyelidikan mengenai kasus ini. Pihaknya menyebut hak dari Ms. Fan telah dipastikan sepenuhnya dan keluarganya telah diberi tahu. Sementara itu, pihak Biro Keamanan Nasional Beijing tidak dapat segera dihubungi untuk dimintai komentar.

Juru Bicara Bloomberg yang berbasis di New York dalam pernyataan yang dikirim melalui email kepada Reuters mengatakan, pihaknya sangat prihatin untuknya. Juga telah secara aktif berbicara dengan pihak berwenang Cina untuk lebih memahami situasinya.

"Kami terus melakukan segala yang kami bisa untuk mendukungnya sementara kami mencari lebih banyak informasi," paparnya. (CNBC Ind)

Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda