Beranda / Berita / Update Orang Terkaya di Indonesia

Update Orang Terkaya di Indonesia

Kamis, 29 Juli 2021 11:30 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Forbes kembali memperbaharui daftar orang-orang terkaya alias crazy rich di dunia melalui 'The World's Real-Time Billionaires'. Sejumlah nama yang sudah tidak asing lagi mengisi daftar tersebut seperti CEO Amazon Jeff Bezos yang mempertahankan posisinya sebagai orang terkaya nomor satu di dunia.

Dalam daftar tersebut juga ada nama-nama taipan dari Indonesia yang sudah familiar. Ada kakak beradik pemilik perusahaan rokok Djarum dan pemilik PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang tetap mempertahankan posisinya sebagai orang kaya nomor satu dan dua di tanah air, siapa lagi kalau buka Hartono bersaudara.

The World's Real-Time Billionaires merupakan daftar yang diperbaharui setiap hari dengan melacak naik turunnya kekayaan miliarder di seluruh dunia.

Dalam sehari (berdasarkan data Selasa ini, 27 Juli) Elon Musk, bos Tesla, tercatat menjadi miliarder dengan kenaikan tertinggi mencapai US$ 2,9 miliar atau setara Rp 42,05 triliun (kurs Rp 14.500/US$) dalam sehari, sedangkan perubahan negatif terbesar dicatatkan oleh taipan asal China yang menjadi kaya raya berkat perusahaan e-commerce Pinduoduo, Colin Zheng Huang.

Dari dalam negeri sendiri perubahan positif terbesar dicatatkan oleh bos perusahaan petrokimia PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA).

Berdasarkan data Forbes, kekayaan Prajogo Pangestu bertambah US$ 288 juta (Rp 4,17 triliun) dalam sehari.

Tidak jauh di belakang ada nama bankir senior yang menguasai saham PT Bank Jago Tbk (ARTO), Jerry Ng, yang menurut perhitungan Forbes kekayaannya melesat US$ 261 juta atau setara Rp 3,78 triliun.

Berikut update daftar 10orang terkaya di Indonesia menurut Forbes 'The World's Real-Time Billionaires'.

1. Robert Budi Hartono

Robert Budi Hartono menduduki posisi pertama orang terkaya di Indonesia dan posisi ke 103 orang terkaya di dunia. Total kekayaannya saat ini diperkirakan mencapai US$ 18,4 miliar atau Rp 266,8 triliun.

Dalam sehari kekayaannya naik US$ 190 juta (Rp 2,75 triliun), meskipun demikian kekayaan Budi turun jika dibandingkan dengan dari posisi awal pada daftar orang terkaya 2021 dengan kekayaan mencapai US$ 20,5 miliar (Rp 297,25 triliun).

Perolehan kekayaannya didapatkan melalui perbankan dan rokok. Seperti diketahui, Budi bersama kakaknya Michael Bambang Hartono adalah pemilik perusahaan rokok Djarum dan juga pemegang saham terbesar di BBCA.

Hartono bersaudara membeli saham BCA dari Salim Group, tahun 1997-1998 saat krisis ekonomi Asia terjadi.

2. Michael Bambang Hartono

Michael Bambang Hartono menjadi orang terkaya di urutan kedua di Indonesia, menyusul adiknya Robert Budi Hartono di posisi pertama. Sedangkan di daftar crazy rich dunia ia berada di posisi 108.

Total kekayaannya mencapai US$ 17,7 miliar (Rp 256,65 triliun), turun dari total kekayaan yang tercatat di daftar orang terkaya 2021 sebesar US$ 19,7 miliar atau Rp 285,65 triliun. Sama halnya seperti sang adik, pundi-pundi yang didapatkan Michael berasal dari rokok dan perbankan.

Dalam sehari kekayaannya bertambah sebesar US$ 182 juta atau setara Rp 2,64 triliun.

Michael Bambang Hartono juga dikenal sebagai atlet Bridge yang menyumbangkan medali perunggu di Asian Games 2018.

3. Sri Prakash Lohia

Di urutan ketiga terdapat nama Sri Prakash Lohia, miliarder pendiri perusahaan petrokimia dan tekstil, Indorama Corporation (PT Indorama Syntetics Tbk/INDR), yang lahir di Kolkata, India dengan kekayaan sebesar US$ 6,3 miliar atau setara Rp 91,35 triliun.

Secara harian tidak terjadi perubahan dalam kekayaannya, dibandingkan dengan daftar kekayaan tahun 2021 kekayaannya mengalami penurunan dari semula sebesar US$ 6,5 miliar (Rp 94,25 triliun).

4. Prajogo Pangestu

Prajogo Pangestu menduduki posisi keempat orang terkaya di Indonesia dan orang terkaya nomor 520 di dunia. Total kekayaannya saat ini mencapai US$ 5,6 miliar atau Rp 81,2 triliun.

Meski memperoleh peningkatan kekayaan terbesar secara harian, kekayaan pria berusia 77 tahun ini turun signifikan dibandingkan dengan daftar orang terkaya tahun 2021 lalu yang tercatat US$ 6,5 miliar atau Rp 94,25 triliun. Perubahan harta ini tidak mengubah posisinya dan tetap menjadi orang terkaya nomor empat di Indonesia.

Prajogo membangun perusahaan publik PT Barito Pacific Tbk (BRPT), sebelumnya Pacific Lumber, pada 1993. Di 2007, ia mengakuisisi perusahaan petrokimia Chandra Asri yang kemudian merger dengan Tri Polyta Indonesia.

Perusahaan ini kini menjadi produsen petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia. Di 2015, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) bekerjasama dengan Michelin, pabrikan ban asal Prancis, di Indonesia.

5. Jerry Ng

Posisi kelima orang terkaya di Indonesia dan menempati peringkat 658 dunia dipegang oleh Jerry Ng. Ia merupakan miliarder yang baru masuk di daftar orang terkaya dunia di tahun ini.

Total kekayaanya saat ini tercatat US$ 4,6 miliar atau Rp 66,7 triliun. Posisinya naik dari daftar sebelumnya awal tahun ini yang berada di peringkat 8 di Indonesia, sebelumnya tercatat ia memiliki kekayaan US$ 2,5 miliar (Rp 36,25 triliun)

Jerry Ng dikenal sebagai bankir veteran yang berpengalaman lebih dari tiga dekade dan mendapatkan pundi-pundinya melalui saham di Bank Jago.

Bank Jago sebelumnya dikenal dengan bank Artos yang telah diakuisisi oleh Jerry dan kawan-kawan bisnisnya (juga bersama dengan Patrick Walujo dari Norhstar) pada Desember 2019 lalu dan saat ini bertransformasi menjadi bank digital.

Jerry Ng sebelumnya pernah menjadi pejabat di PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) dan Bank Central Asia. Kemudian hingga Februari 2019 menjabat sebagai Direktur Utama di Bank BTPN (BTPN).

6. Chairul Tanjung

Di posisi keenam ada Chairul Tanjung yang kekayaannya mengalami penurunan sebesar US$ 28 juta (Rp 406 miliar) dalam sehari. Pundi-pundi Chairul tercatat US$ 4,0 miliar atau Rp 58 triliun.

Kekayaan Chairul yang berkurang ini membuatnya turun menjadi orang terkaya nomor enam dari sebelumnya di posisi lima dengan harta Rp US$ 4,8 miliar atau Rp 69,6 triliun di 2020.

Sedangkan di dunia Chairul Tanjung tercatat sebagai orang terkaya posisi ke 783.

Chairul Tanjung merupakan pemilik CT Corp dengan sejumlah diversifikasi bisnis. Pengusaha Indonesia berusia 58 tahun ini memiliki perusahaan media, termasuk online dan televisi. Ia juga memiliki bisnis ritel melalui Carrefour dan Transmart. Ia juga mengontrol franchise Wendy's di Indonesia, Versace, Mango dan Jimmy Choo.

Beberapa perusahaan yang menjadi portofolio investasi CT Corp di antaranya PT Bank Mega Tbk (MEGA), PT Bank Mega Syariah, PT Mega Capital Sekuritas, PT Mega Asset Management, PT Mega Finance, PT Asuransi Umum Mega (Mega Insurance), PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA), Trans Resort Bali, CT Agro, Transmedia, dan The Trans Luxury Hotel Bandung.

Terbaru, dia membeli saham mayoritas PT Bank Harda International Tbk (BBHI) dan mengganti nama bank menjadi Allo Bank Indonesia.

7. Eddy Kusnadi Sariaatmadja

Posisi ketujuh orang terkaya di Indonesia diisi oleh Eddy Kusnadi Sariaatmadja dengan total kekayaan US$ 3,6 miliar atau Rp 52,2 triliun.

Eddy Kusnadi adalah pendiri salah satu perusahaan media di Indonesia yakni grup Emtek (PT Elang Mahkota Teknologi Tbk/EMTK) pada tahun 1983 lalu. Pada tahun 2020 lalu, ia sempat terdepak dari daftar orang terkaya di dunia dan pada tahun ini kembali lagi.

Dalam sehari kekayaannya bertambah US$ 71 juta (Rp 1,03 triliun). Total kekayaan pria berusia 67 tahun ini naik dibandingkan dengan posisi awal tahun 2021 lalu yang tercatat US$ 3 miliar atau Rp 43,5 triliun.

Grup Emtek diketahui menaungi tiga stasiun televisi yakni SCTV, Indosiar dan O Channel. Saat ini anaknya Alvin Sariaatmadja menjabat sebagai presiden direktur Emtek.

Emtek juga menjalin kerjasama dengan Alibaba's Ant Financial untuk sistem pembayaran digital di Indonesia.

8. Keluarga Dato' Sri Tahir

Keluarga Tahir berada di urutan 956 orang terkaya di dunia. Sedangkan di Indonesia berada di posisi kedelapan.

Total kekayaan keluarga Tahir tahun ini tercatat US$ 3,4 miliar atau Rp 49,3 triliun. Harta ini naik tipis dari publikasi awal tahun ini yang tercatat sebesar US$ 3,3 miliar atau Rp 47,85 triliun.

Kekayaan Tahir yang berkurang ini yang membuatnya turun dari posisi orang terkaya nomor empat di Indonesia dan 437 dunia pada tahun 2020 lalu.

Keluarga Tahir diketahui sebagai pengusaha, investor, sekaligus pendiri Mayapada Group (PT Bank Mayapada Tbk/MAYA). Perusahaan ini membawahi holding company yang memiliki beberapa unit bidang usaha, seperti perbankan, TV berbayar, media cetak, properti, sampai rumah sakit.

Sebagai informasi, kekayaan Tahir telah turun sejak tahun 2019 lalu. Di 2019 kekayaan Tahir tercatat US$ 4,5 miliar dan tahun 2020 turun menjadi US$ 4,1 miliar dan di 2021 menjadi US$ 3,3 miliar.

9. Djoko Susanto

Djoko Susanto menjadi orang terkaya nomor 9 di Indonesia dan 1.536 di dunia sama dengan Mochtar Riady dan Theodore Rachmat. Total kekayaannya saat ini US$ 2,2 miliar atau Rp 31,9 triliun.

Kekayaan Djoko Susanto naik dibandingkan dengan awal tahun 2021 yang tercatat US$ 1,7 miliar atau Rp atau Rp 24,65 triliun. Djoko diketahui sebagai pendiri industri ritel yakni Alfamart (PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk/AMRT) yang saat ini memiliki lebih dari 16.000 gerai di seluruh Indonesia.

10. Mochtar Riady dan Keluarga

Mochtar Riady berada di posisi ke-10 sebagai orang terkaya di Indonesia. Kekayaannya tahun ini tercatat US$ 2,1 miliar atau Rp 30,45 triliun.

Adapun kekayaan pria berusia 92 tahun ini bertambah dari posisi awal tahun ini sebesar US$ 1,7 miliar (Rp 24,65 triliun). Dan saat ini ia menjadi orang terkaya nomor 1.576 di dunia.

Saat ini perusahaannya dijalankan oleh anaknya James dan Stephen. Ia memiliki sejumlah usaha dari real estate, ritel, kesehatan, media serta pendidikan. Cucunya John kini menjalankan e-commerce MatahariMall. Ia juga menjalankan bisnis digital bank, Bank Nobu. John Riady juga menjadi CEO PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR).[CNBC Indonesia]

Keyword:


Editor :
M. Agam Khalilullah

riset-JSI
Komentar Anda