Beranda / Berita / Total 414 Pasien Omicron di RI, 114 Sudah Sembuh

Total 414 Pasien Omicron di RI, 114 Sudah Sembuh

Senin, 10 Januari 2022 17:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Budi Gunadi Sadikin (Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden)

DIALEKSIS.COM |  Jakarta - Menteri Kesehatan Budi (Menkes) Gunadi Sadikin mengatakan dari total 414 pasien Covid-19 varian Omicron di Indonesia, 114 diantaranya telah sembuh.

Budi juga menyampaikan dari total kasus positif itu, hanya dua orang berkategori sedang dan membutuhkan perawatan menggunakan oksigen. Keduanya, kata Budi, juga memiliki komorbid.

"Dari 414 orang yang dirawat karena omicron, 114 orang atau sekitar 26 persen sudah sembuh termasuk yang dua orang tadi yang masuk kategori sedang dan membutuhkan perawatan oksigen, sehingga mereka bisa kembali ke rumah," kata Budi dalam konferensi pers virtual, Senin (10/1).

Dengan kondisi itu, kata Budi, dapat disimpulkan meski penularan varian Omicron cepat, namun relatif ringan tingkat keparahannya.

"Jadi kesimpulannya walaupun Omicron ini cepat transmisinya tapi relatif lebih ringan dari keparahannya," katanya.

Lebih lanjut, ia meminta masyarakat untuk tidak panik menghadapi potensi gelombang Omicron.

Budi mengklaim pemerintah telah menyiapkan sejumlah upaya guna menghadapi gelombang Omicron di Indonesia. Mulai dari fasilitas kesehatan (faskes), alat kesehatan (askes), obat, dan juga tenaga kesehatan.

"Kita akan menghadapi gelombang dari Omicron ini, tidak usah panik, kita sudah menyiapkan diri dengan baik. Dan pengalaman menunjukkan walaupun naiknya cepat, tapi gelombang Omicron ini turunnya juga cepat," kata Budi. (CNN Indonesia)

Keyword:


Editor :
Alfi Nora

riset-JSI
Komentar Anda