Beranda / Berita / Survei: Soeharto Dinilai sebagai Presiden Paling Berhasil

Survei: Soeharto Dinilai sebagai Presiden Paling Berhasil

Senin, 21 Mei 2018 11:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Presiden RI kedua, Soeharto (Foto: edunews)

Jakarta - Presiden ke-2 RI Soeharto dinilai sebagai presiden paling berhasil dalam memimpin Indonesia. Disusul Sukarno dan Joko Widodo.


Kesimpulan itu didapat dari hasil survei yang dilakukan Indo Barometer terhadap 1.200 responden di 34 provinsi Indonesia.


"Soeharto dinilai menjadi presiden paling berhasil dibanding presiden lainnya," ujar Direktur Indo Barometer Muhammad Qodari di Jakarta, Ahad, 20 Mei 2018.


Berdasarkan survei yang dilakukan pada 15-22 April 2018, Soeharto menempati posisi pertama sebagai presiden paling berhasil dengan 32,9 persen responden yang memilih, lalu Sukarno di posisi kedua dengan 21,3 persen.


Sedangkan posisi ketiga, ada presiden ketujuh atau yang kini menjabat, Joko Widodo, dengan 17,8 persen, disusul oleh Susilo Bambang Yudhoyono dengan 11,6 persen.


"Selanjutnya, posisi kelima B.J. Habibie dengan 3,5 persen, posisi keenam Abdurrahman Wahid dengan 1,7 persen dan terakhir Megawati Soekarnoputri dengan 0,6 persen," kata Qodari.


Qodari menyebutkan salah satu faktor yang menyebabkan Soeharto menjadi presiden paling berhasil lantaran keberhasilan ekonomi dan sosial pada masa Orde Baru dibanding era reformasi yang terdapat pertanyaan survei lainnya. "Keberhasilan Orde Baru dalam ekonomi itu paling tinggi dengan 54,6 persen dan sosial 43,2 persen," ujarnya.


Menurut Qodari, hasil survei ini hanya sebatas persepsi masyarakat, karena mungkin saja sebagian responden tidak mengalami pemerintahan Orde Baru.


Menanggapi hasil survei itu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fahri Hamzah berpendapat unggulnya Soeharto sebagai presiden paling berhasil merupakan hal wajar. "Pak Harto kan menjabatnya paling lama dari presiden lainnya, jadi banyak kebijakan Pak Harto yang masih dipakai hingga sekarang," ujarnya (Tempo.co)

Keyword:


Editor :
HARIS M

riset-JSI
Komentar Anda