Beranda / Berita / Ratusan Pasien Covid-19 di Indonesia Tewas Saat Isolasi Mandiri

Ratusan Pasien Covid-19 di Indonesia Tewas Saat Isolasi Mandiri

Minggu, 04 Juli 2021 08:30 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Jakarta Komunitas Lapor Covid-19 menemukan sedikitnya 265 korban jiwa yang meninggal dunia positif Covid-19 dengan kondisi sedang isolasi mandiri di rumah, saat berupaya mencari fasilitas kesehatan, dan ketika menunggu antrean di IGD Rumah Sakit. Kematian di luar fasilitas kesehatan ini terjadi hanya selama bulan Juni 2021 hingga 2 Juli 2021.

Dalam siaran pers hari ini, Sabtu (3/7/2021), selain pasien yang meninggal selama perawatan di rumah sakit, banyak masyarakat melaporkan kematian anggota keluarga atau rekan mereka di rumah saat menjalani isolasi mandiri.

Fenomena ini menjadi potret nyata kolapsnya fasilitas kesehatan yang menyebabkan pasien Covid-19 kesulitan mendapatkan layanan medis yang layak. Situasi ini diperparah oleh komunikasi risiko yang buruk, yang menyebabkan sebagian masyarakat menghindari untuk ke rumah sakit dan memilih isolasi mandiri.

"Sebanyak 265 Korban jiwa tersebut tersebar di 47 Kota dan Kabupaten dari 10 Provinsi yakni DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Lampung, Kepulauan Riau, Riau, dan NTT. Provinsi yang terekam cukup banyak mengalami kematian di luar RS adalah Jawa Barat sejumlah 97 kematian dari 11 kota/kabupaten. Temuan provinsi dengan sebaran terbanyak yakni ada di Jawa Tengah yang kejadiannya muncul di dua belas kota/kabupaten. Berikut tabel rincian jumlah kematian per provinsi terkait," tulis LaporCovid-19

Jumlah tersebut tentu belum mewakili kondisi sesungguhnya di komunitas, karena tidak semua orang melaporkannya ke LaporCovid-19, media sosial, atau diberitakan media massa. LaporCovid-19 mengkhawatirkan, hal ini merupakan fenomena puncak gunung es dan harus segera diantisipasi untuk mencegah semakin banyaknya korban jiwa di luar fasilitas kesehatan. Selain memperkuat fasilitas kesehatan dan sumber daya tenaga kesehatan, harus ada pembatasn mobilitas secara ketat untuk mencegah terus melonjaknya laju penularan kasus yang akan meningkatkan risiko kematian.

Pada hari ini hingga pukul 12.00 WIB, terdapat 27.913 kasus baru Covid-19 di Indonesia. Hal ini membuat total kasus di Indonesia secara keseluruhan adalah 2,256 juta.

Sama seperti hari sebelumnya, kasus harian Covid-19 pada hari ini merupakan rekor tertinggi sepanjang pandemi.

Dari tambahan kasus tersebut, sebanyak 157.227 spesimen diperiksa dengan jumlah suspek sebanyak 133.189. Adapun kasus aktif bertambah 14.138 sehingga totalnya menjadi 281.677.

Selanjutnya kematian tercatat bertambah 493 orang menjadi 60.027. Kabar baiknya, kasus sembuh bertambah 13.282 menjadi 1,915 juta.[CNBC Indonesia]

Keyword:


Editor :
M. Agam Khalilullah

riset-JSI
Komentar Anda