Beranda / Berita / Mulai Besok, 'Harta Karun' Ini Resmi Jadi Milik Pertamina!

Mulai Besok, 'Harta Karun' Ini Resmi Jadi Milik Pertamina!

Minggu, 08 Agustus 2021 12:00 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Jakarta - PT Pertamina persero lewat PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) akan segera mengambil alih wilayah kerja (WK) Rokan PT Chevron Pacific Indonesia (CPI). Prosesnya kini sudah mencapai 99,5%.

"Hingga hari ini Sabtu, 07 Agustus 2021, persiapan alih kelola WK Rokan telah mencapai 99,5%, seluruh tahapan dari 9 program transisi, telah dilaksanakan. Peralihan pengelolaan WK Rokan tersebut akan 100% dan efektif ketika telah resmi beralih pada tanggal 09 Agustus 2021 pukul 00.01 WIB," ujar Jaffee A. Suardin, Direktur Utama PT Pertamina Hulu Rokan dalam keterangan tertulisnya.

Lebih lanjut, Jaffee juga menambahkan bahwa di Blok Rokan tersebut, nantinya PHR mengelola wilayah kerja dengan luasan sekitar 6,453 km2 dengan 10 Lapangan utama yaitu Minas, Duri, Bangko, Bekasap, Balam South, Kotabatak, Petani, Pematang, Petapahan, Pager.

"Kami optimis, dengan beralihnya operatorship dari CPI ke PHR, kami akan berupaya maksimal untuk mempertahankan dan terus melakukan aktivitas operasi yang masif untuk meningkatkan produksi migas sehingga dapat memenuhi target nasional 1 Juta barel di 2030," jelas Jaffee.

Untuk program pemboran, PHR akan melakukan pemboran sebanyak 84 sumur dan rencana program CPI yang akan di-carry over ke PHR sebanyak 77 sumur, sehingga total 161 sumur selama Agustus-Desember 2021.

Guna mendukung kelancaran kegiatan pemboran tersebut, sebanyak 291 kontrak dilakukan proses mirroring dan telah selesai 100%. Selain itu sebanyak 60 kontrak baru untuk kebutuhan pre-EOC telah awarded dengan status progress 100%.

PHR juga melibatkan sumber daya lokal dengan program Local Business Development (LBD), karena PHR ingin masyarakat sekitar juga menjadi bagian dari kelancaran operasi perusahaan. Sebanyak 264 kontrak telah disiapkan dengan melibatkan sedikitnya 690 vendor lokal yang masuk dalam program LBD tersebut.

Tentunya, pencapaian ini tidak lepas dari dukungan Kementerian ESDM, SKK Migas, pemerintah daerah, elemen masyarakat dan pekerja CPI yg akan menjadi pekerja PHR. "Kami bersyukur dan mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan semua pihak, sehingga kami bisa mempersiapkan tahapan demi tahapan alih kelola ini dengan lancar," ujar Jaffee.

PHR berharap pekerja ex CPI dan Pekerja Pertamina dapat berkolaborasi bersama menjadi satu tim dalam mengembangkan WK Rokan. Melalui kolaborasi bersama diharapkan akan tumbuh semangat yang sama untuk mewujudkan visi Pertamina sebagai perusahaan migas nasional berkelas dunia. "Bagi kami mereka adalah ujung tombak dari kesuksesan pengelolaan Blok Rokan kedepannya," imbuhnya.

Blok Rokan sendiri sudah beroperasi sangat lama, yakni sejak tahun 1951 atau 70 tahun sejak produksi pertamanya.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat, sejak mulai beroperasi pada 1951 sampai Agustus 2021 mendatang, minyak yang diproduksi dari Blok Rokan ini mencapai 11,69 miliar barel.[CNBC Indonesia]

Keyword:


Editor :
M. Agam Khalilullah

riset-JSI
Komentar Anda