Beranda / Berita / Mulai 2024, Vaksinasi Covid-19 Ada Skema Berbayar

Mulai 2024, Vaksinasi Covid-19 Ada Skema Berbayar

Selasa, 22 Agustus 2023 10:30 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan vaksinasi covid-19 akan berbayar bagi masyarakat umum mulai 2024. Meski begitu, ada kelompok yang tetap bisa divaksin secara gratis.

"Kalau dalam imunisasi program tidak berbayar alias gratis, kalau (kategori) imunisasi pilihan akan berbayar. Sehingga apabila akan melakukan vaksinasi pada tahun depan maka akan dikenakan biaya," kata Direktur Pengelolaan Imunisasi Kemenkes Prima Yosephine Berliana Tumiur Hutapea dalam keterangan tertulis, Selasa (22/8/2023). 

Prima mengatakan ada beberapa kelompok masyarakat yang nantinya masuk kriteria penerima program imunisasi covid-19. Sasarannya, yakni masyarakat berisiko tinggi kematian dan penyakit parah akibat infeksi covid-19.

"Yaitu kelompok masyarakat lanjut usia dan dewasa muda yang memiliki komorbid dan obesitas berat," papar dia.

Prima menyebut kelompok kedua ialah masyarakat berisiko lainnya dan memerlukan perhatian. Yakni, usia dewasa, remaja usia 12 tahun ke atas dengan kondisi immunocompromised sedang sampai berat, wanita hamil, dan tenaga kesehatan yang bertugas di garda terdepan. 

"Ketika vaksinasi covid-19 menjadi imunisasi program maka hal tersebut menjadi tanggung jawab pemerintah dalam hal pengadaan dan pemberian imunisasi," ujar dia. 

Prima menjelaskan vaksinasi hingga 31 Desember 2023 maupun program imunisasi yang dimulai pada Januari 2024 menggunakan vaksin dalam negeri. Mereknya ialah Indovac dan Inavac.

"Kedua vaksin tersebut sudah terjamin keamanannya dan juga kehalalannya," tegas dia.

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

riset-JSI
Komentar Anda