Beranda / Berita / Selesaikan Pelanggaran HAM, Menko Polhukam Akan Temui Eksil di Eropa

Selesaikan Pelanggaran HAM, Menko Polhukam Akan Temui Eksil di Eropa

Selasa, 22 Agustus 2023 08:30 WIB

Font: Ukuran: - +


Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut akan lakukan kunjungan kerja dengan berbagai negara di kawasan Eropa dan Korea. Ia akan melakukan sejumlah kerja sama di bidang keamanan.

“Jadi besok saya akan ke Turki untuk kerja sama keamanan,” ujar Mahfud di Jakarta, Senin (21/8/2023).

Mahfud mengungkapkan ia juga akan langsung bertandang ke Amsterdam dan Ceko untuk menemui para korban pelanggaran HAM berat. Mahfud menyebut dalam kunjungannya tersebut untuk memberitahu hak-hak korban secara konstitusional.

“Sesudah itu ke Amsterdam dan Praha (ceko), bukan untuk menjemput. Untuk menemui dan memberitahu hak-hak korban pelanggaran HAM berat karena itu hak konstitusional,” ungkapnya.

Lebih jauh, Mahfud mengungkapkan langkah pemerintah dalam penyelesaian kasus HAM non yudisial mendapat sambutan baik di mata global. Mahfud menyebut Dewan HAM PBB menilai langkah Indonesia terhadap permasalahan ini sebagai bentuk kemajuan bangsa. 

“Kita bersyukur bahwa dengan adanya penyelesaian nonyudisial yang menyatakan janji pengakuan dan janji pemerintah untuk memperbaiki dan memenuhi hak-hak korban, kita mendapat sambutan luar biasa," ujar Mahfud.

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

riset-JSI
Komentar Anda