demokrat muslim
Beranda / Berita / Mayjen TNI Purn Supiadin: Kalau Ada Sipil Profesional Lebih Baik PJ Gubernur

Mayjen TNI Purn Supiadin: Kalau Ada Sipil Profesional Lebih Baik PJ Gubernur

Senin, 04 April 2022 17:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Bahtiar Gayo

Mayjen TNI Purn Supiadin Aries Saputra. [Foto: tribunnews]


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Mayjen TNI Purn Supiadin Aries Saputra memberikan penilaian soal PJ Gubernur yang kini hangat dibicarakan. Menurutnya, kalau ada sipil profesional lebih baik untuk PJ Gubernur.

Menurut Ketua DPP Partai NasDem Bidang Hankam ini, sebaiknya PJ atau PLT harus dari struktur Pemda, kecuali memang SDM-nya tidak tersedia, baru dipertimbangkan dari lainnya,” sebut Mayjen Purn. Supiadin, menjawab Dialeksis.com via WA, Senin (4/4/2022).

Ia mengatakan, pendekatannya juga seharusnya bukan sipil atau militer. Tetapi profesionalitas yang muaranya untuk menjamin kelancaran jalannya pemerintahan. Para PJ Kepala Daerah tidak boleh terkooptasi oleh politik praktis yang bisa dimanfaatkan oleh kelompok politik yang ingin maju di Pilkada.

“Kalau ada Sipil yang profesional, itu lebih baik. Bangun diskusi yang baik juga, jangan diskusinya mengarah kepada mendiskreditkan pihak militer. Mungkin lebih baik membuat perbandingan antara sipil dan militer, bukan mendikotomikan,” pinta Supiadin.

Lebih jauh Anggota K3 (Komisi Kajian Ketatanegaraan) MPR RI menyebutkan, faktanya juga membuktikan banyak kepala daerah dari kalangan sipil terkena kasus korupsi. Jangan menganggap bahwa militer selalu ingin menjadi kepala daerah, sebutnya.

“Muara dari diakuinya adalah siapapun yang akan menjadi PJ Kepala Daerah, dia harus mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat. Minimal tidak menurunkan tingkat kesejahteraan rakyat selama menjadi PJ,” sebut Supiadin. [BG]

Keyword:


Editor :
Indri

dispora, ksp, perpadi
Komentar Anda