Beranda / Berita / Kuah Asam Keueng “Ampuh” Menangkal Covid -19

Kuah Asam Keueng “Ampuh” Menangkal Covid -19

Jum`at, 09 Juli 2021 21:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Baga

Muhammad Ichsan.S.Pd, alumni Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Syiah Kuala (USK) [Foto: Ist]


DIALEKSIS.COM| Jakarta- Muhammad Ichsan.S.Pd, Alumni Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Syiah Kuala (USK) menyebutkan kuah asam keueng (asam pedas) Aceh ampuh menangkal Covid-19.

Menurut Muhammad Ichsan, Indatu orang Aceh zaman dulu meramu masakan selain untuk bertahan hidup, juga sebagai campuran rempah untuk obat-obatan.

“Sebagaimana diketahui, Aceh dikenal dengan daerah ujung pulau Sumatera yang kaya akan bumbu rempah dari campuran dua budaya penggabungan India dan China,” sebut Muhammad Ihcsan, Jumat (09/07/2021).

Menurutnya, salahsatu masakan yang disinyalir mampu merontokkan Covid adalah asam keueng. Bau Menu masakan satu ini bisa dibilang sangat kental dengan herbal. Bagaimana tidak, asam keueng telah bercampur berbagai bumbu masakan.

Seperti belimbing wuluh yang telah dijemur, cabai hijau, bawang putih, bawang merah, cabai kecil, serta kunyit yang dilebuh menjadi satu. Aroma asam keueng sangat khas ketika disajikan saat masih panas.


“Pedas asam inilah yang mampu melawan Covid-19. Awalnya pasien akan kehilangan pengecap rasa. Inilah yang mampu diciptakan oleh pengaruh senyawa bumbu asam keueng, untuk melawan wabah yang sedang merongrong dunia ini,” tulis Muhammad Ihcsan.

Namun Muhammad Ichsan mengunci keteranganya dengan kalimat, tulisan ini sebagai bentuk rindu kampung, bagi pembaca jangan langsung percaya. Rupanya lelaki ini sedang mengolah ramuan masam keueng Aceh dan dia mengaitkanya dengan Covid-19.

Menurutnya resep masakan Aceh yang kaya rempah telah diturunkan oleh leluhur untuk bekal kesehatan bagi penerusnya. Namun jangan pula digunakan secara berlebihan, tulisnya. Bagaimana dengan Anda?


Keyword:


Editor :
Redaksi

Berita Terkait
    riset-JSI
    Komentar Anda