Beranda / Berita / Kapolri Yakin KTT AIS Forum 2023 Lahirkan Keputusan Strategis

Kapolri Yakin KTT AIS Forum 2023 Lahirkan Keputusan Strategis

Senin, 09 Oktober 2023 10:30 WIB

Font: Ukuran: - +


Kapolri Jenderal Listyo Sigit.


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan Polri dan TNI bakal bersinergi mengamankan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island State (AIS) Forum 2023 di Bali. Berbagai persiapan sudah dilakukan untuk menjamin situasi kondusif.

"Pengamanan optimal membuat rangkaian KTT berjalan aman, lancar, dan damai. Dengan demikian diharapkan bisa menghasilkan keputusan yang penting dan strategis," kata Listyo dalam keterangan tertulis, Senin (9/10/2023).

Listyo mengatakan dirinya dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono telah menggelar tactical floor game (TFG) terkait pengamanan KTT AIS. Giat itu untuk melatih personel dalam penanganan di lapangan.

"Dalam pola pengamanan KTT AIS ini, personel TNI akan mengamankan ring 1 dan 2. Sementara personel kepolisian mem-back up di ring 3," jelas jenderal bintang empat itu.

Listyo menyebut polisi akan mengamankan dan menjaga pengaturan rute, lalu lintas, dan parkir kendaraan (rolakir). Termasuk, mengantisipasi ancaman-ancaman yang berpotensi terjadi.

"Juga bagaimana kita mengantisipasi isu-isu yang berkembang baik yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri," ujar dia.

Listyo berharap keputusan di KTT AIS Forum 2023 bermanfaat bagi lingkungan negara-negara partisipan. Khususnya Indonesia yang menjadi tuan rumah forum tersebut.

"Tentunya makin menempatkan posisi Indonesia menjadi lebih baik khususnya dalam hal keketuaan tingkat internasional," tutur dia.

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

riset-JSI
Komentar Anda