dinsos
Beranda / Berita / Jubir Vaksinasi Ungkap Dua Kasus Varian Omicron Kembali Terdeteksi di RI

Jubir Vaksinasi Ungkap Dua Kasus Varian Omicron Kembali Terdeteksi di RI

Sabtu, 18 Desember 2021 18:30 WIB

Font: Ukuran: - +


Ilustrasi. [Foto: the guardian] 

DIALEKSIS.COM |  Jakarta  - Dua kasus covid-19 varian omicron terdeteksi kemarin, Jumat (17/12). Dengan tambahan temuan ini, total saat ini ada tiga kasus varian omicron di Indonesia yang sudah terdeteksi.  

Dalam keterangan tertulis Kementerian Kesehatan, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Siti Nadia Tarmidzi mengatakan bahwa dua pasien tersebut merupakan hasil pemeriksaan sampel dari 5 kasus probable Omicron yang baru Kembali dari luar negeri.

"Dua pasien terkonfirmasi terbaru adalah IKWJ, 42 tahun, laki-laki, perjalanan dari Amerika Selatan serta M, 50 tahun, laki-laki, perjalanan dari Inggris. Saat ini keduanya sedang menjalani karantina di Wisma Atlet," kata Nadia, Sabtu (18/12).

Pasien Omicron pertama terkonfirmasi pada Kamis lalu atas inisial N, seorang pekerja pembersih di Wisma Atlet Kemayoran.

Temuan ini merupakan hasil pemeriksaan khusus SGTF yang dilakukan oleh Badan Litbang Kesehatan pada tanggal 14 dan 15 Desember lalu.

Nadia mengatakan dua pasien ini terkonfirmasi Omicron setelah menjalani karantina wajib 10 hari seusai kembali dari luar negeri. Meneurutnya ini menunjukkan bahwa sistem proteksi pemerintah berjalan dengan baik untuk mencegah penularan dari pendatang dari luar negeri yang terjangkit virus Covid-19.

Nadia menghimbau masyarakat agar tetap waspada dan tidak melakukan perjalanan ke luar negeri terlebih dahulu. Terlebih mengingat laju penyebaran Omicron terbukti sangat cepat.

"Indonesia adalah salah satu negara paling aman dari Covid-19. Jika kita keluar negeri, maka kita akan keluar dari zona aman menuju zona berbahaya. Jika kembali, nanti akan berpotensi membawa Omicron ke Indonesia dan pastinya akan merusak situasi yang sudah kondusif ini," katanya. (CNN Indonesia) 

Keyword:


Editor :
Alfi Nora

dinas perikanan
dinas pendidikan dayah
esdm
Komentar Anda