Beranda / Berita / Ini Sebab Keuangan Syariah Jadi Sektor Menjanjikan

Ini Sebab Keuangan Syariah Jadi Sektor Menjanjikan

Jum`at, 31 Maret 2023 08:30 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan keuangan syariah menjadi sektor yang menjanjikan. Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Mirza Adityaswara menuturkan pada kondisi ketidakpastian global di tengah upaya pemulihan perekonomian, sektor keuangan syariah di Indonesia terbukti tangguh dan mampu bertahan menghadapi situasi sulit.

“Dengan total aset diluar saham syariah sebesar Rp 2.312 triliun pada akhir November 2022, keuangan syariah tumbuh 15 persen dari tahun sebelumnya,” kata Mirza, Kamis (30/3/2023).

Mirza menjelaskan, hal tersebut menunjukkan keuangan syariah menjadi sektor yang menjanjikan bagi perekonomian dan masyarakat Indonesia. Dalam semangat perayaan bulan suci Ramadhan 1444 H, Mirza mengajak masyarakat untuk mengenal lebih dekat dengan keuangan syariah sebagai alternatif dalam ekosistem keuangan karena sektor keuangan.

“Karena sektor keuangan syariah menawarkan sistem keuangan yang halal bebas riba dan memiliki nilai sosial,” ucap Mirza.

Dia memastikan, produk layanan keuangan syariah diawasi oleh OJK dan dewan pengawas syariah. Pengawasan dilakukan untuk memastikan skema produk layanan keuangan tersebut sesuai dengan fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia.

Mirza menambahkan, keunggulan lain dari keuangan syariah juga berfungsi sebagai penggerak untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Ini melalui fasilitas pembiayaan tanpa bunga serta penyaluran dana sosial seperti zakat, infaq, shodaqoh, dan wakaf,” tutur Mirza.



Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

riset-JSI
Komentar Anda