Beranda / Berita / Ini 5 Menteri Jokowi Memiliki Harta Kekayaan Triliunan, Sandiaga Uno Nomor Satu Paling Kaya

Ini 5 Menteri Jokowi Memiliki Harta Kekayaan Triliunan, Sandiaga Uno Nomor Satu Paling Kaya

Kamis, 09 Maret 2023 09:30 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Harta kekayaan para pejabat negara kembali menjadi sorotan publik. Setelah munculnya kasus harta jumbo yang dimiliki oleh sejumlah mantan pejabat di lingkungan Kementerian Keuangan. Kini, daftar harta kekayaan 5 menteri di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun menjadi perhatian.

Beberapa mantan pejabat yang disebut memiliki harta kekayaan hingga triliunan rupiah antara lain adalah eks pejabat Direktur Jenderal Pajak (DJP) Rafael Alun Trisambodo dan eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto. Bahkan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa harta kekayaan mereka tergolong tak masuk akal.

Tak hanya itu, data harta kekayaan para menteri pun dihimpun. Dalam hasil pengumpulan data tersebut, terdapat lima menteri di era Joko Widodo (Jokowi) yang memiliki harta kekayaan yang nilainya mencapai triliunan rupiah.

Menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) periode 2021, Sandiaga Uno yang menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) menduduki posisi pertama dengan kekayaan mencapai Rp10,6 triliun. 

Harta kekayaan Sandi yang kerap disapa Mas Menteri ini paling tinggi diantara jajaran menteri petahana di Kabinet Indonesia Maju, bahkan jauh lebih besar dibanding milik Jokowi yang berada di angka Rp71,4 miliar.  

Berikut 5 Menteri Jokowi yang Harta Kekayaannya Capai Triliunan Rupiah 

1. Sandiaga Uno “ Rp10,6 triliun  

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memang dikenal sebagai seorang pengusaha besar dengan berbagai pengalaman menjabat sebagai jajaran direksi sejumlah perusahaan di berbagai sektor. 

Pria kelahiran 28 Juni 1969 tersebut diketahui mendirikan perusahaan investasi PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. (SRTG) hingga perusahaan teknologi yang bergerak di bidang jual beli properti, yaitu rumah123.com.  

Dalam LHKPN 2021, total kekayaan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut tercatat sebesar Rp10,6 triliun setelah dikurangi utang yang mencapai Rp289 miliar.  

Harta paling banyak tercatat dari surat berharga milik Sandi Uno yang mencapai Rp9,7 triliun. Sementara aset dalam kas dan setara kas sebesar Rp787 miliar, dan harta lainnya senilai Rp85 miliar. 

Untuk harta bergerak seperti alat transportasi dan mesin, Sandiaga memiliki tiga unit mobil seharga Rp775 juta, terdiri dari Nissan Grand Livina (2013), Nissan X-Trail Minibus (2015), dan Toyota Corolla Cross 18 Hybrid (2021).  

Sementara untuk aset tanah dan bangunan, Sandiaga memiliki 17 aset senilai Rp253 miliar. Sebanyak empat bangunan yang dirinya miliki, tiga terletak di Amerika dan satu di Singapura.

2. Sakti Wahyu Trenggono “ Rp2,9 triliun  

Sakti Wahyu Trenggono, yang menggantikan Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) tercatat memiliki kekayaan mencapai Rp2,9 triliun. 

Harta kekayaan Sakti tertinggi kedua setelah Sandiaga Uno.  Sebelum menjabat sebagai MKP, dirinya menjadi Wakil Menteri Pertahanan (2019-2020) yang dipimpin Prabowo Subianto. 

Sakti memiliki 44 aset baik tanah maupun bangunan yang tersebar di Jakarta, Bekasi, Jawa Tengah, hingga Bali, senilai Rp59,7 miliar.  

Berbeda dengan Sandiaga yang memiliki dua kendaraan merek Nissan, Sakti memiliki Land Rover RR Jeep (2013) seharga Rp1,1 miliar, Audi RS 5 (2015) dengan nilai Rp800 juta, dan Mercedes benz GLA 200 (2018) senilai Rp600 juta serta motor Honda Beat seharga Rp7 juta.  

Memiliki kesamaan dengan Sandiaga, Sakti juga meletakkan harta kekayaannya pada surat berhaga dengan nilai Rp2,6 triliun. Sementara harta bergerak lainnya sebesar Rp20 miliar, kas setara kas Rp152 miliar, dan harta lainnya mencapai Rp95 miliar.  

Bila membandingkan dengan lima menteri yang memiliki harta triliunan, hanya Sakti yang tercatat dalam LHKPN tidak memiliki utang. 

3. Erick Thohir “ Rp2,3 triliun  

Menteri BUMN Erick Thohir, yang baru saja terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), memiliki total harta kekayaan mencapai Rp2,3 triliun. 

Pecinta sepak bola tersebut menaruh kekayaannya pada surat berharga senilai Rp1,7 triliun.  Melihat aset tanah dan bangunan milik Erick yang mencapai Rp364 miliar, mayoritas berada di Jabodetabek, Depok terbanyak, dan merupakan hibah. 

Sementara aset yang merupakan hasil sendiri hanya sembilan dari 34 total aset tanah dan bangunan.  

Kendaraan milik Erick tercatat dalam LHKPN hanya terdapat tiga unit setara Rp1,8 miliar, yaitu Mercedez Bens W108 280S (1969), Mercedez Bens S400L (2016), dan motor Honda (2011).  

Sementara sisanya, Erick memiliki harta kekayaan di harta bergerak lainnya Rp27,9 miliar, kas setara kas Rp209 miliar, harta lainnya Rp159 miliar. Erick juga tercatat memiliki utang sebesar Rp165 miliar. 

4. Prabowo Subianto “ Rp2 triliun 

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, yang merupakan perwira tinggi militer di Indonesia, tercatat dalam LHKPN 2021 memiliki harta kekayaan sebesar Rp2 triliun. 

Prabowo yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Gerindra memiliki 10 aset tanah dan bangunan senilai Rp275 miliar, delapan aset kendaraan baik motor dan mobil seharga Rp1,2 miliar. 

Harta kekayaan Prabowo terbanyak berada di surat berharga, yaitu Rp1,7 triliun. Sementara harta bergerak lainnya mencapai Rp16 miliar, sedangkan kas dan setara kas mencapai Rp2 miliar. Untuk harta lainnya milik Prabowo sebanyak Rp43 miliar. Meski demikian, Prabowo tercatat memiliki utang sebesar Rp8 miliar. 

5. Nadiem Anwar Makarim “ Rp1,1 triliun 

Menteri terakhir di era Kabinet Indonesia Maju yang memiliki harta triliunan, yaitu Nadiem Makarim. Mantan Bos Gojek itu tercatat memiliki total harta kekayaan mencapai Rp1,1 triliun. Nadiem yang lebih dahulu dikenal sebagai pengusaha dengan mendirikan Gojek tersebut memiliki enam aset tanah dan bangunan senilai Rp50,9 miliar. 

Kini menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem memiliki tiga unit mobil senilai Rp2,6 miliar. Harta bergerak lainnya milik Nadiem tercatat sebesar Rp752 juta, kas dan setara kas Rp5 miliar, dan harta lainnya Rp2,9 miliar. 

Sama seperti keempat menteri lainnya, Nadiem juga menempatkan kekayaan paling banyak di surat berharga, mencapai Rp1,3 triliun. Dengan utang sebesar Rp193 miliar, maka total harta kekayaan bersih Nadiem berada di angka Rp1,1 triliun.

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

riset-JSI
Komentar Anda