Beranda / Berita / Indonesia mulai gunakan BBM standar Euro 4 saat Asian Games

Indonesia mulai gunakan BBM standar Euro 4 saat Asian Games

Jum`at, 30 Maret 2018 12:21 WIB

Font: Ukuran: - +


foto: Muhammad lathif

DIALEKSIS.COM, Jakarta - Penyelenggaraan Asian Games 2018 tidak hanya digunakan Indonesia sebagai ajang pesta olahraga. Namun, pemerintah juga mengambil perhelatan ini sebagai momen dimulainya penggunaan bahan bakar minyak (BBM) standar Euro 4.

Menteri Lingkungan dan Kehutanan (KLHK), Siti Nurbaya mengatakan pihaknya telah meminta Pertamina untuk menyediakan fasilitas Euro 4.

Terutama spot-spot di tempat penyelenggaraan Asian Games, seperti Jabodetabek dan Palembang mulai Juni-Agustus tahun ini.

"Jadi saya tidak sebut secara spesifik premium atau apa. Tapi bahan bakar yang Euro 4 selama Asian Games itu digunakan," ujar Menteri Siti seusai rapat koordinasi Proyek Kilang di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian di Jakarta.

Menurut Menteri Siti, BBM standar Euro 4 ini akan sangat berpengaruh pada kualitas lingkungan hidup. Indonesia, menurutnya tertinggal dengan banyak negara dalam penerapan standar ini.

"Mungkin sekarang tinggal kita dan Myanmar. Yang lain sudah semua ke Euro 4," ujar dia.

Pemerintah, menurutnya belum bisa mewajibkan seluruh pengguna kendaraan untuk segera beralih ke standar tersebut. Terutama untuk kendaraan pengangkut logistik.

"Kita berikan kendaraan untuk dagang seperti Grand Max masih diizinkan 8-9 bulan. Jadi masih bisa," ujar dia.(aa.com)

Keyword:


Editor :
Ampuh Devayan

riset-JSI
Komentar Anda