Beranda / Berita / Indonesia Impor Alat Suplai Oksigen hingga Ventilator dari Singapura

Indonesia Impor Alat Suplai Oksigen hingga Ventilator dari Singapura

Jum`at, 09 Juli 2021 14:00 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan mengungkapkan sebanyak 30 unit oksigen konsentrator dari Singapura akan tiba di Indonesia hari ini. Sebanyak 30 unit itu baru sebagian dari 10.000 yang dipesan oleh pemerintah.

"Jadi 30 unit oksigen konsentrator yang merupakan bagian dari 10.000 unit yang dibeli Pemerintah Indonesia hari ini dikirim dari Singapura melalui penerbangan, sisanya dikirim via laut bersama dengan tabung silinder yang diisi oksigen," kata dia dalam keterangannya, Jumat (9/7/2021).

Bersamaan dengan konsentrator, Singapura juga mengirimkan 200 ventilator dan 256 silinder oksigen kosong 40 L yang dikirim ke Kementerian Luar Negeri.

Kemudian, 756 oksigen silinder, 600 oksigen konsentrator, 220 ventilator dan perlengkapan APD termasuk masker bedah, masker N95, dan kelengkapan alat bedah/APD yang dikirim dari Kementerian Pertahanan Singapura untuk Kementerian Pertahanan RI.

Selain oksigen konsentrator, Luhut memaparkan pemerintah juga akan membeli 7 unit oksigen generator dan 36.000 ton oksigen untuk 30 hari ke depan.

"Jadi bukan hanya bantuan/ donasi saja, tetapi juga ada alat kesehatan yang dibeli oleh pemerintah," jelas Luhut.

Hari ini bantuan dari Australia juga juga dijadwalkan sampai di Indonesia yang membawa 1.000 ventilator. Hingga minggu depan akan dijadwalkan beberapa kedatangan bantuan internasional termasuk 250.000 vaksin sinopharm bantuan negara Uni Emirate Arab.[Detik]

Keyword:


Editor :
M. Agam Khalilullah

riset-JSI
Komentar Anda