Beranda / Berita / Dilantik sebagai Komandan Korps Marinir, Ini Profil Mayjen Nur Alamsyah

Dilantik sebagai Komandan Korps Marinir, Ini Profil Mayjen Nur Alamsyah

Minggu, 21 Mei 2023 17:00 WIB

Font: Ukuran: - +


Sertijab Mayjen TNI Nur Alamsyah Resmi menjabat sebagai Komandan Korps Marinir (Dankormar). (Foto: detikcom)


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Mayjen TNI Mar Nur Alamsyah resmi dilantik sebagai Komandan Korps Marinir (Dankormar). Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Muhammad Ali yakin, Nur Alamsyah mampu memimpin pasukan Korps Marinir dan meningkatkan kinerja pasukan elite TNI AL itu.

Hal itu dia sampaikan saat memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Komandan Korps Marinir di Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta, Minggu, (21/5). Ali mengatakan, Nur Alamsyah memiliki kemampuan dan kapasitas dalam mengemban tugas barunya itu, sebagaimana dibuktikan dengan berbagai pencapaian dan prestasi.

"Saya sangat yakin dengan kapasitas dan kapabilitas yang dimiliki Mayor Jenderal TNI Marinir Nur Alamsyah, (dia) akan mampu mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya," kata Muhammad Ali dalam amanatnya saat upacara sertijab Dankormar TNI AL di Jakarta.

Dia menjelaskan jabatan baru yang diemban mantan asistennya itu merupakan wujud apresiasi atas prestasi dan dedikasinya selama ini.

"Sekaligus sebagai wujud kepercayaan pemimpin dengan sebuah harapan untuk dapat memberi kontribusi besar dan meneruskan arah pembangunan organisasi yang telah berjalan selama ini dengan lebih optimal," kata Ali.


Profil Dankormar Baru

Mayjen TNI Mar Nur Alamsyah, yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal, resmi menggantikan Mayjen TNI Mar Widodo Dwi Purwanto sebagai Komandan Korps Marinir TNI AL ke-25.

Muhammad Ali memimpin langsung upacara serah terima jabatan itu dan menyaksikan penyerahan tongkat komando Korps Marinir dari Mayjen Widodo ke Mayjen Nur Alamsyah.

Nur Alamsyah merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-35 Tahun 1989. Dia merupakan lulusan terbaik atau peraih penghargaan Adhi Makayasa Matra Laut.

Selain pernah menjabat sebagai asisten kasal, Nur Alamsyah juga pernah menjabat sebagai Komandan Detasemen Jalamangkara (Denjaka) TNI AL pada 2013, Komandan Sektor United Nations Missions in Dafur (UNAMID) di Sudan pada 2016, Komandan Pasukan Marinir 2 di Surabaya pada 2017, Wakil Komandan Korps Marinir pada 2020, serta Gubernur Akademi Angkatan Laut pada 2021.

Dalam sertijab tersebut, Ali juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada Widodo Dwi Purwanto yang kini resmi menjadi perwira tinggi Markas Besar TNI Angkatan Laut dalam rangka menjelang pensiun.

"Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Mayor Jenderal TNI Marinir Widodo Dwi Purwanto atas segala dedikasi dan pengabdian yang telah dipersembahkan selama mengemban tugas sebagai komandan Korps Marinir," ujar Ali.

Upacara sertijab Komandan Korps Marinir tersebut berlangsung selama kurang lebih satu jam dan diisi oleh unjuk kemampuan beberapa alutsista dari prajurit Korps Marinir, salah satunya penembakan meriam. [Merdeka]

Keyword:


Editor :
Sammy

riset-JSI
Komentar Anda