Beranda / Berita / Dedikasi Petugas Kesehatan yang Tetap Berjaga Saat Warga Suka Cita Berhari Raya

Dedikasi Petugas Kesehatan yang Tetap Berjaga Saat Warga Suka Cita Berhari Raya

Selasa, 09 April 2024 21:30 WIB

Font: Ukuran: - +


Ilustrasi foto petugas kesehatan di rumah sakit. Foto: Net


DIALEKSIS.COM | Bener Meriah - Libur panjang Lebaran disambut masyarakat dengan suka cita. Merayakan Idulfitri bersama keluarga menjadi momen yang dinantikan.

Di sisi lain, pelayanan publik di sektor-sektor krusial tetap harus berjalan selama masa libur panjang. Sebut saja sektor kesehatan, transportasi, pemadam kebakaran hingga kelistrikan.

Komitmen untuk terus memberikan pelayanan kepada masyarakat ini dipegang oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bener Meriah. Di mana, sektor pelayanan kesehatan, lalu lintas dan kebencanaan tetap bersiaga optimal melayani masyarakat selama libur nasional dan cuti bersama memperingati Hari Raya Idulfitri 1445 H.

Kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bener Meriah, Hasyimi Ib, mengatakan, menjelang Idulfitri dan persiapan arus mudik 2024, pelayanan pada fasilitas kesehatan di Puskesmas se-Kabupaten Bener Meriah akan tetap buka.

"Khususnya di momen-momen hari besar seperti Lebaran Idulfitri ini, kami berkomitmen untuk berupaya maksimal memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya bagi pemudik Lebaran,’’ ucapnya.

Pihaknya juga turut berkolaborasi di Posko Lebaran 1445 H yang diadakan oleh Pemkab Bener Meriah di empat titik lokasi untuk memberikan fasilitas kesehatan kepada pemudik.

"Tapi untuk petugasnya kita siagakan di masing-masing Puskesmas di Kabupaten Bener Meriah mengingat kebutuhan pelayanan kesehatan di tiap-tiap wilayah Puskesmas tersebut," ungkapnya.

“Sedangkan untuk pelayanan ambulans emergency akan dikoordinir oleh Public Safety Center (PSC) 199 Bener Meriah," lanjut Hasyimi.

Selain Dinkes, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bener Meriah juga tetap siaga guna mengantisipasi bencana selama libur Lebaran.

Kepala Pelaksana BPBD Bener Meriah, Safriadi, mengatakan, untuk mengantisipasi bencana selama libur Lebaran ini pihaknya telah menyiagakan petugas pemadam kebakaran (damkar) di 8 titik Pos Pemadam Kebakaran di kabupaten tersebut.

"Nantinya ada Tim Reaksi Cepat (TRC) tiap Pos Damkar-nya yang terdiri dari dua orang petugas yang piket dan kita juga telah membagi tiga zona wilayah untuk Pos Damkar di Bener Meriah," bebernya.

"Jika suatu saat ada peristiwa kebakaran, mereka akan langsung bergerak. Karena memang ada petugas piket yang tetap berjaga saat libur Lebaran 2024,” imbuh Safriadi,

Tak hanya itu, sejumlah alat berat juga disiagakan seperti loader, motor grader, excavator dan lainnya guna mengantisipasi kejadian tanah longsor pada saat libur Lebaran.

Terkait antisipasi bahaya atau kejadian kebakaran, Safriadi mengimbau masyarakat mengecek kembali barang dan pintu rumah.

"Jangan sampai rumah saat ditinggal berpotensi terjadi kebakaran. Seperti melepas regulator kompor dan melepas aliran listrik yang ada di elektronik," tuturnya.

Sementara itu, untuk menjaga kelancaran pemudik dan arus lalu lintas, Dinas Perhubungan (Dishub) Bener Meriah juga telah menyiapkan empat posko, yaitu dua posko pelayanan dan dua posko pengamanan.

Posko pelayanan berada di kampung Simpang Teritit dan Simpang Balik, sedangkan posko pengamanan di kecamatan Pintu Rime Gayo dan Permata.

“Kami telah melaksanakan persiapan baik secara operasional maupun kebijakan dalam pengendalian, pengaturan dan penanganan arus lalu lintas di wilayah Bener Meriah,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Dishub Bener Meriah, Supiardi.

Dengan kesiapsiagaan para petugas di sektor kesehatan dan pelayanan publik lainnya, diharapkan masyarakat dapat merayakan Hari Kemenangan dengan aman dan nyaman. (*)

Keyword:


Editor :
Alfi Nora

riset-JSI
Komentar Anda