Beranda / Berita / BMKG: Hujan Lebat Berpotensi Landa Sebagian Besar Aceh

BMKG: Hujan Lebat Berpotensi Landa Sebagian Besar Aceh

Selasa, 17 September 2024 10:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Ratnalia
Infografis prakiraan cuaca untuk Aceh. Foto: humas BMKG Aceh

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem untuk sebagian besar wilayah Aceh pada Selasa, 17 September 2024. Berdasarkan update terbaru pukul 07:30 WIB, BMKG memprediksi potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sejumlah daerah.

"Fenomena ini diperkirakan akan berlangsung hingga pukul 11:00 WIB," ujar prakirawan BMKG Aceh dalam keterangan resminya.

Wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem meliputi beberapa kabupaten dan kota di Aceh. Di Kabupaten Aceh Selatan, daerah yang perlu waspada antara lain Trumon, Bakongan, dan Bakongan Timur. Sementara di Kabupaten Aceh Besar, peringatan diberikan untuk wilayah Lhoong, Pulo Aceh, Lhoknga, dan sekitarnya.

BMKG juga menyebutkan Kabupaten Simeulue, khususnya di kecamatan Simeulue Tengah, Salang, dan Teupah Barat, berpotensi terdampak cuaca buruk. Kabupaten Aceh Singkil, terutama di wilayah Simpang Kanan, Singkil, dan Gunung Meriah, juga masuk dalam daftar wilayah yang perlu waspada.

Kota Sabang tak luput dari peringatan ini, dengan kecamatan Sukakarya dan Sukajaya disebutkan berpotensi mengalami cuaca ekstrem. Di Kota Banda Aceh, seluruh kecamatan diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan, termasuk Baiturrahman, Kuta Alam, dan Meuraxa.

BMKG menghimbau masyarakat di wilayah-wilayah tersebut untuk tetap waspada dan mengikuti perkembangan informasi cuaca terkini melalui situs resmi nowcasting.bmkg.go.id. Masyarakat juga diimbau untuk mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan guna menghindari dampak buruk dari cuaca ekstrem.

Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda