Beranda / Berita / BMKG Aceh Peringatkan Potensi Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang

BMKG Aceh Peringatkan Potensi Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang

Kamis, 20 Juni 2024 09:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Informasi prakiraan cuaca. Foto: BMKG Aceh

DIALEKSIS.COM | Aceh - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat, petir, dan angin kencang pada Kamis, 20 Juni 2024. Fenomena cuaca ekstrem ini diperkirakan melanda sejumlah wilayah di Aceh mulai pukul 06.10 WIB.

"Potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang berpeluang terjadi di beberapa daerah," kata Prakirawan BMKG Aceh, dikutip dari laman nowcasting.bmkg.go.id, Kamis, 20 Juni 2024.

Kabupaten dan kota yang berpotensi terdampak di antaranya Aceh Tengah, Aceh Timur, Aceh Utara, Bireuen, Gayo Lues, Aceh Tamiang, Bener Meriah, Lhokseumawe, dan Langsa. Sejumlah kecamatan yang wajib diwaspadai, antara lain Danau Laut Tawar, Silih Nara, Bebesen, Bintang, Ketol, Kebayakan, Kute Panang, Bies, Rusip Antara, Darul Aman, Julok, hingga Langsa Baro.

Wilayah terdampak berpeluang meluas ke Serbajadi, Simpang Jernih, Linge, Pegasing, Celala, Laut Tawar, Atu Lintang, Jagong Jeget, Sungai Mas, Pante Ceureumen, Geumpang, Samalanga, Jeunieb, Peudada, Jeumpa, Peusangan, Pandrah, Juli, Jangka, Simpang Mamplam, Peulimbang, Kota Juang, Kuala, Blangkejeren, hingga Beutong Ateuh Banggalang.

Kondisi cuaca ekstrem ini diperkirakan akan berlangsung hingga pukul 09.30 WIB. Masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengikuti arahan pihak berwenang terkait potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.

Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda