Beranda / Berita / Aceh Dilanda Gelombang Panas Hingga 18 Juni, Suhu Mencapai 36,6 Derajat Celcius

Aceh Dilanda Gelombang Panas Hingga 18 Juni, Suhu Mencapai 36,6 Derajat Celcius

Kamis, 13 Juni 2024 19:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Ilustrasi kondisi suhu panas di Indonesia. Foto: net

DIALEKSIS.COM | Nasional - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan Aceh mengalami suhu tertinggi di Indonesia, mencapai 36,6 derajat Celcius pada Selasa, 11 Juni 2024. Kondisi ini merupakan bagian dari fenomena cuaca panas yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia selama sepekan ke depan.

Tim Pusat Meteorologi Publik BMKG, Miming, menjelaskan bahwa gelombang panas ini disebabkan oleh posisi matahari yang berada pada jarak terdekat dengan ekuator. 

"Fenomena ini sekaligus menandakan musim kemarau mulai melanda Indonesia yang diprakirakan berlangsung Juni hingga September 2024," ujar Miming, Kamis (13/6/2024).

Selain Aceh, wilayah lain yang terdampak termasuk Sumatera Utara dengan suhu mencapai 35,9 derajat Celcius. Sebagian besar wilayah di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Banten, Sumatera Selatan, Jawa Timur, dan Bali juga mengalami suhu tinggi antara 34,0 hingga 34,8 derajat Celcius.

BMKG menghimbau masyarakat untuk waspada dan mengambil langkah-langkah pencegahan. 

"Konsumsi air mineral yang cukup dan teratur untuk menghindari dehidrasi, terutama saat beraktivitas di luar ruangan," saran Miming. Penggunaan pelindung seperti topi, payung, kacamata hitam, dan tabir surya juga dianjurkan untuk melindungi diri dari paparan sinar ultraviolet.

Kondisi cuaca ekstrem ini diperkirakan akan berlanjut selama sepekan ke depan, dengan puncak suhu terpanas terjadi pada siang hari.

Keyword:


Editor :
Redaksi

kip
riset-JSI
Komentar Anda