distanbun 10
Beranda / Berita / Aceh / USK dengan UI dan Unpad akan Kolaborasi dalam Pengembangan Produk Inovasi

USK dengan UI dan Unpad akan Kolaborasi dalam Pengembangan Produk Inovasi

Kamis, 23 Juni 2022 09:30 WIB

Font: Ukuran: - +


USK Akan Kolaborasi dengan UI dan Unpad dalam Pengembangan Produk Inovasi. [Foto: Istimewa]


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Universitas Syiah Kuala (USK) akan kolaborasi dengan Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Padjadjaran (Unpad) dalam pengembangan produk Inovasi. Hal ini mengemuka dalam pertemuan antara Ketua Badan Pengembangan Bisnis USK, Syaifullah Muhammad, dengan Direktur Bisnis UI, TM. Zakir Mahmud di Kampus UI Depok, Selasa, 21 Juni 2022 serta Direktur Inovasi Unpad, Rabu, 22 Juni 2022 di Kampus Unpad Jatinangor Jawa Barat.

Berdasarkan rilis yang diterima Dialeksis.com, Kamis (23/6/2022), menurut Syaifullah Muhammad, studi banding ke 4 Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTNBH) di Pulau Jawa merupakan persiapan untuk menyambut USK sebagai PTNBH khususnya mempelajari strategi pengelolaan bisnis di perguruan tinggi. Ke-4 PTNBH yang dikunjungi adalah IPB, UI, ITB dan Unpad.

Dengan UI dan Unpad didiskusikan kemungkinan Pengembangan produk inovasi bersama dengan USK. USK memiliki berbagai produk inovasi turunan minyak nilam seperti parfum yang sangat potensial untuk dipasarkan di Jawa. 

[Foto: Istimewa]

"Kita ingin produk parfum nilam produksi USK dapat dijual di UI Store. Bahkan bisa dikembangkan program co-branding untuk produk inovasi dengan mencantumkan logo kedua universitas pada produk tersebut," urai Syaifullah.

"UI juga memiliki Program Studi Farmasi, sehingga kolaborasi riset terkait Nilam sebagai sumber bahan obat herbal dan produk kesehatan dapat dikembangkan bersama," lanjut Syaifullah

"Dalam waktu dekat, akan dibicarakan kesepakatan melalui Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara kedua belah pihak," tutup Syaifullah.

Sementara itu Direktur Bisnis UI, Dr. TM. Zakir Mahmud menyambut baik studi banding yang dilakukan BPBU, dan sangat setuju untuk bekerja sama dalam program co-branding produk inovasi USK di UI Store. Saat ini UI memiliki 54 UKK-PM (Unit Kerja Khusus, Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat), selanjutnya di bawah Holding Company UI Coorperation ada 11 UKK-UK (Unit Kerja Khusus Usaha Komersil). Saat ini kontribusi UKK terhadap total pendapatan UI sebesar 31,3%.

"UKK di UI saat ini berkontribusi besar untuk pendapatan UI. Kami berharap USK dapat mengembangkan unit bisnisnya secara lebih baik sesuai potensi sumber daya yang ada di USK" jelas Zakir. 

"UI memiliki program co-branding dengan produsen produk (vendor) dan kita akan lakukan program ini untuk produk parfum nilam dari USK," lanjut Zakir yang juga merupakan putra Aceh ini.

"UI akan terus mengembangkan berbagai kerjasama untuk meningkatkan kontribusi dari Bisnis untuk pendapatan UI. Kerjasama dengan USK akan menjadi salah satu yang akan kita tindak lanjuti segera," pungkas Zakir.

Hal yang sama juga didiskusikan antara Ketua BPBU dengan Direktur Inovasi Unpad, Dr. Diana S. Namuri. Unpad memiliki pengalaman yang sangat baik dalam pengembangan inkubator bisnis baik lokal, nasional maupun internasional.

Dr. Diana menjelaskan bahwa Direktorat Inovasi Unpad yang dipimpinnya telah melakukan berbagai program pengembangan inovasi dan pembinaan start up. Saat ini ada sekitar 150 start up bisnis dalam binaan inkubator bisnis Unpad. Inkubator ini dibranding dengan nama Oorange dan telah mendapat rekognisi nasional maupun internasional. Oorange telah melakukan berbagai terobosan dalam inovasi dan komersialisasi produk.

[Foto: Istimewa]

"Kami telah menjalin banyak kemitraan dengan Kementrian terkait dalam pengembangan start up bisnis di Indonesia. Banyak komunitas di Bandung yang telah bekerjasama dengan OOrange," jelas Diana yang juga merupakan doktor jebolan Monash University Australia ini.

"Sangat menarik jika antara USK dan Unpad dapat bekerjasama dalam pengembangan produk Inovasi baru. Kami tertarik dengan parfum nilam yang dikembangkan dengan inovasi teknologi dari USK" urai Diana lebih lanjut. 

"Semoga dapat ditindaklanjuti dengan PKS antara BPBU dengan Direktorat Inovasi Unpad khususnya dengan Oorange. Sehingga produk parfum dengan teknologi dari USK dapat dikembangkan bersama di Jawa Barat," tutup Diana.

Badan Bisnis USK dalam kunjungan studi banding ini telah melakukan 6 pertemuan akademik dengan 4 perguruan tinggi serta 5 pertemuan bisnis untuk pengembangan produk inovasi nilam Aceh. Semua pertemuan tersebut diharapkan akan dapat mendukung persiapan transformasi USK menjadi PTNBH dalam waktu dekat. []

Keyword:


Editor :
Alfatur

distanbun 11
riset-JSI
distanbun 12
Komentar Anda