Beranda / Berita / Aceh / Usai Kuliah Umum, Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian USK Teken Kerja Sama dengan PT. Kelola Mina Laut

Usai Kuliah Umum, Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian USK Teken Kerja Sama dengan PT. Kelola Mina Laut

Selasa, 19 September 2023 15:00 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Sekitar seratus lebih mahasiswaProdi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala dan sejumlah Dosen Prodi Agribisnis USK Fakultas Pertanian USK menghadiri kuliah tamu dengan Tema "Peran Logistik dalam Bidang Perikanan". 

Kegiatan ini berlangsung di Aula Multiple Purpose Room ( MPR) Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, Pemateri dalam Kuliah tamu ini ialah  Ari Indarwanto yang merupakan Manager Logistik pada PT. Kelola Mina Laut Gresik dan juga sebagai dosen Praktisi pada program studi Agribisnis. 

Sementara dari prodi Agribisnis USK dihadiri oleh Ketua Jurusan Agribisnis Dr. Ir,.Indra M.P dan Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc sebagai Dekan Fakultas Pertanian. Bertugas sebagai moderator dalam kegiatan ini ialah bapak Akhmad Baihaqi, S.P., M.M. yang juga merupakan dosen prodi Agribisnis USK.

Ari Indarwanto mengatakan pentingnya pengetahuan tentang rantai pasok pangan segar & olahan.  Pada rantai pasok ini, produk pertanian dan perikanan digunakan sebagai bahan baku dalam menghasilkan produk-produk pangan yang memiliki nilai tambah yang lebih tinggi. Selain itu Ari indarwanto juga mengatakan pentingnya peran logistik dalam bidang perikanan. 

Inti dari logistik adalah mengelola pergerakan material dan barang. Dua sisi yang diperankan logistik, sisi produksi dan pemasaran. Dari perspektif produksi, peran logistik adalah mengadakan material dari pemasok ke perusahaan untuk memenuhi proses produksi.

Kemudian kegiatan ini dilanjutkan dengan penandatanganan IA (Implementation of Arrangement) antara Program Studi Agribisnis USK dengan PT. Kelola Mina Laut. Dr. Indra mengharapkan kerjasama kedua belah pihak ini dapat saling sinergis dalam peningkatan kompetensi sumber daya manusia  kedepannya. 

Salah kegiatan yang dapat dilakukan kedepannya adalah program magang mahasiswa di perusahaan tersebut, selama 4 bulan yang kemudian akan direcognisi dan dikonversi kedalam 20 SKS bagi mahasiswa. Kegiatan magang atau belajar diluar kampus ini merupakan salah satu bentuk dari implementasi kurikulum Mardeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Prodi Agribisnis USK.

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

kip
riset-JSI
Komentar Anda