Beranda / Berita / Aceh / Tiga Tim Mahasiswa USK Raih TOP 38 Social Project Innovillage

Tiga Tim Mahasiswa USK Raih TOP 38 Social Project Innovillage

Jum`at, 08 Maret 2024 18:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Tiga tim dari Universitas Syiah Kuala terpilih menjadi TOP 38 Social Project Innovillage tahun 2023 di Bandung, Kamis (7/3/2024). [Foto: Humas USK]


DIALEKSIS.COM | Bandung - Tiga tim dari Universitas Syiah Kuala (USK) terpilih menjadi TOP 38 Social Project Innovillage tahun 2023 di Bandung, Kamis (7/3/2024).

 Ketiga tim itu membawa ide dengan judul myFeeder : Pelontar Pakan Tenaga Surya pada Tambak Udang berbasis Internet of Things (IoT) yang diketuai oleh Mu’adz Zamanhuri dengan anggota Ariq Alghifary dan Muhammad Fauzan serta dibimbing oleh Aulia Rahman, ST., M.Sc.

Kemudian KORAN (Kompor berbasis sampah Organik Ramah LingkungAN) dengan memadukan IoT sebagai Sensor Kebakaran yang diketuai oleh Nabila Maharani dengan anggota Ihsan Perdana Putra dan Nauma Laila serta dibimbing oleh Prof. Dr. Ir. Zahrul Fuadi, S.T.,M.Sc., IPM., ASEAN Eng. Kedua kelompok tersebut berada pada skema dampak sosial berbasis Sustainable Development Goals (SDGs).

Sementara satu kelompok lagi yang berada pada skema Keberlanjutan dengan judul Inovasi Platform Pemasaran dan Pengembangan Produk berbasis Daur Ulang di Kota Banda Aceh guna Mendukung Ekonomi Sirkular yang diketuai oleh Hidayatullah dan dimbimbing oleh Dr. Ir. Farid Mulana, S.T., M.Eng.

Innovillage adalah sebuah kompetisi sociopreneurship di bidang teknologi digital yang merupakan program sinergi PT Telkom Indonesia dan Telkom University, melalui program ini, mahasiswa ditantang untuk memberikan solusi bagi masyarakat desa melalui inovasi-inovasi digital yang aplikatif sehingga tercipta peningkatan kemanfaatan sosial dan peningkatan ekonomi.

Program ini memberikan pendanaan lebih dari Rp3,75 miliar untuk 100 desa di seluruh Indonesia. Pada tahun 2023 hampir 800 usulan proposal yang diajukan, terdiri dari 101 Perguruan tinggi dari seluruh Indonesia, 2.385 Mahasiswa, dan 446 Dosen Pembimbing. Dari hampir 800 usulan tersebut ditetapkan Top 163 proposal yang mendapatkan pendanaan, dimana ada 8 perwakilan dari Universitas Syiah Kuala.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kewirausahaan Prof. Dr. Mustanir M.Sc. merasa sangat bangga atas pencapaian prestasi oleh mahasiswa-mahasiswa USK pada kegiatan Innovillage ini.

Dirinya berharap inovasi-inovasi dari mahasiswa-mahasiswa USK mampu memberikan solusi kepada masalah di dunia dan Indonesia pada khususnya.

“Harapannya inovasi-inovasi ini tidak berhenti disini dan bisa terus dikembangkan hingga akhirnya bisa diterapkan diseluruh dunia,” tutup Prof Mustanir. [hu]

Keyword:


Editor :
Indri

kip
riset-JSI
Komentar Anda