Logo Dialeksis - Masker
Beranda / Berita / Aceh / Sudah Aktif, Akses Telekomunikasi berbasis Internet di Gampong Blang Pandak Tangse

Sudah Aktif, Akses Telekomunikasi berbasis Internet di Gampong Blang Pandak Tangse

Selasa, 29 September 2020 23:00 WIB

Font: Ukuran: - +

[Foto: Ist]


DIALEKSIS.COM | Tangse - Tampaknya masyarakat Desa terpencil Gampong Blang Pandak, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, desa di kaki Gunung Halimun, pastilah sangat blgembira, pasalnya Gampong itu sudah memiliki  akses jaringan telekomunikasi berbasis Internet mulai hari ini, Selasa (29/9)

Jaringan telekomunikasi berbasis internet yang dibangun setelah Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah meninjau langsung  Desa Blang Pandak, Tangse, Pidie, 25 Desember 2019 lalu. Keluhan masyarakat dan permintaan Wakil Bupati Pidie kala itu agar pemerintah Aceh membantu membuka akses jaringan telekomunikasi di Blang Pandak, sebab bila jaringan telekomunikasi tidak ada, menyebabkan birokrasi desa lamban dan butuh biaya.

Pada kesempatan itu, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah langsung memerintahkan Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Kominsa) Aceh Marwan Nusuf untuk menyurati telkomsel Wilayah Sumatera dan Telkom Aceh agar bisa membuka akses jaringan telekomunikasi di Blang Pandak, Tangse.

Kadiskominsa Marwan Yusuf ketika dihubungi di Banda Aceh mengatakan, akses telekomunikasi berbasis internet di Blang pandak sudah dapat dimanfaatkan masyarakat dan aparatur kampung, namun jaringan belum menyeluruh karena masih menggunakan Vsat (satelit) 

"Sekarang kita terus berkoordinasi dengan Kementerian Kominfo agar jangkauan jaringan telekomunikasi di kawasan Blang Pandak bisa lebih luas lagi," kata Marwan Nusuf.

Dijelaskan Marwan saat ini akses telekomunikasi berbasis internet dari Kementerian kominfo yang baru terpasang untuk keperluan managemen mesjid.

Sementara Keuchik Gampong Blang Pandak, Tangse, Banta Lidan dalam ujicoba Testing videocall via WhatsApp dari desa Blangpandak, telkom Banda Aceh dan kabid egov Diskomisa di Banda Aceh menyampaikan, kegembiraannya karena desanya sudah terjangkau jaringan telekomunikasi berbasis internet dan pihaknya segera akan menampilkan Gampung Blang Pandak lewat website.

"Alhamdulillah Sudah bisa hari ini," kata Banta Lindan dalan VC nya, Selasa (29/9).

Desa Blang Pandak , Tangse dalam sejarah Gubernur Aceh baru Plt Gubernur Nova Iriansyah yang berkunjung ke desa tersebut, 25 Desember 2019 lalu.[]

Editor :
Redaksi

Berita Terkait
    riset-JSI
    Komentar Anda