Logo Dialeksis
Beranda / Berita / Aceh / Seiring Penerapan New Normal, Sejumlah Pariwisata Sabang mulai beroperasi

Seiring Penerapan New Normal, Sejumlah Pariwisata Sabang mulai beroperasi

Rabu, 24 Juni 2020 17:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Mulyana Syahriyal

Ilustrasi. Saat warga sedang berada di Pelabuhan Sabang pada beberapa waktu lalu.


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Sejumlah tempat wisata di Kota Sabang kembali mulai beroperasi, namun pengelola tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19 seiring penerapan new normal di wilayah Sabang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Sabang Faisal mengatakan, sejumlah tempat wisata di pulau weh dan tempat wisata lainnya telah mulai beroperasi sejak dua pekan lalu, dan wisatawan juga terpantau telah mulai mengunjungi tempat-tempat wisata di Kota Sabang.

"Kalau pariwisata sudah mulai ada tamu, tempat wisata juga sudah banyak yang buka, tapi ada juga yang belum buka, mungkin karena pertimbangan belum ramai yang datang," kata Faisal, Rabu (24/6/2020).

Faisal menjelasakan, saat ini pihaknya sedang menyusun draf panduan untuk pelaku wisata dan pemilik penginapan dalam menjalani aktivitas pariwisata di Sabang yang sesuai standar operasional prosedur (SOP) normal baru.

"Secara umum draf tersebut bunyinya sama dengan protokol kesehatan covid- 19, dalam edaran juga kita minta agar jumlah orang menginap di hotel hanya diizinkan 50 persen dari total kapasitas," ucapnya.

Saat ini, Pemerintah Kota Sabang juga memiliki kekhawatiran terhadap penyebaran covid-19 yang begitu drastis di beberapa daerah di Aceh, apalagi saat ini warga yang terpapar virus corona mencapi 52 kasus.

"Makanya kita meminta seluruh pengelola untuk memperkatat pengawasan sesuai dengan SOP, dan dilakukan pengetatan di pelabuhan, karena pintu masuk disitu, kalau di pelabuhan sudah ketat maka sampai di Sabang sudah aman," tutup Faisal. (MS)

Editor :
Zulkarnaini

riset-JSI
Komentar Anda