Beranda / Berita / Aceh / Praktisi Hukum Aceh Dukung Ainal Mardhiah Lolos Jadi Hakim Agung

Praktisi Hukum Aceh Dukung Ainal Mardhiah Lolos Jadi Hakim Agung

Senin, 20 November 2023 18:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Nora

Praktisi Hukum Aceh, Kasibun Daulay, SH. [Foto: IST]


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Praktisi Hukum Aceh, Kasibun Daulay, SH menyampaikan dukungan kepada satu-satunya srikandi Aceh Ainal Mardhiah yang mencalonkan diri sebagai hakim agung di Mahkamah Agung.

"Kita berharap dengan kualitas yang dimiliki ibu Ainal Mardhiah bisa lolos seleksi Hakim Agung dalam seleksi Komisi 3 DPR RI," ujarnya kepada Dialeksis.com, Senin (20/11/2023).

Menurut Kasibun, sosok Ainal Mardhiah sangat layak menjadi calon hakim agung. Ainal Mardhiah sudah banyak menorehkan prestasi, salah satunya meningkatkan kualitas kelas Pengadilan Negeri (PN) Banda Aceh menjadi Kelas 1A khusus.

Untuk itu, Kasibun mengajak para pemangku kebijakan di Aceh dan Jakarta termasuk keberadaan Forbes DPD/DPR RI harus terlibat aktif dalam memberikan dukungan dan menyukseskan pencalonan Ainal Mardhiah sebagai hakim agung di Mahkamah Agung. Karena ini menyangkut dengan marwah Aceh di kancah nasional.

"Dukungan itu penting agar ada keterwakilan kader Aceh di Mahkamah Agung, karena sudah lama Aceh tidak punya hakim agung di MA," ucapnya.

Terakhir, sambungnya, dari Aceh ada Profesor Hakim Nyak Pha kemudian Prof. DR. Abdul Manan yang baru pensiun.

"Tentunya ini menjadi momentum kebangkitan eksistensi orang Aceh karena bisa berkompetisi memperebutkan kursi Hakim Agung," pungkasnya.

Dalam hal ini, para calon hakim agung itu akan diuji kepatutan dan kelayakannya di Komisi III DPR RI pada tanggal 22 dan 23 November 2023.

Keyword:


Editor :
Alfi Nora

kip
riset-JSI
Komentar Anda