Beranda / Berita / Aceh / Persediaan Ternak "Meugang" untuk Idulfitri 2024 Capai 2.539 Ekor

Persediaan Ternak "Meugang" untuk Idulfitri 2024 Capai 2.539 Ekor

Rabu, 10 April 2024 13:30 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Jantho - Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar menyebut persediaan ternak siap potong untuk memenuhi kebutuhan tradisi “meugang” hari pemotongan hewan Idulfitri 1445 Hijriah mencapai 2.539 ekor.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar, Uzir mengatakan, persediaan hewan ternak jenis sapi dan kerbau tersebut tersebar di 23 kecamatan.

“Insya Allah persediaan ternak untuk hari pemotongan hewan lebaran Idulfitri 2024 cukup untuk memenuhi permintaan masyarakat di Aceh Besar khususnya dan untuk Banda Aceh serta Sabang,” katanya Selasa (9/4/2024).

Ia menyebutkan dua ribuan ternak persediaan hari pemotongan hewan yang akan berlangsung pada 8 sampai 9 April terdiri dari sapi jantan 1.961 ekor dan kerbau jantan 578 ekor.

Ditambahkan Uzir, persediaan ternak yang akan dipotong pada hari pemotongan hewan tersebut tersebar di 23 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Besar dengan daerah produsen ternak terbanyak berada di Kecamatan Kuta Baro disusul Suka Makmur dan Indrapuri.

Pihaknya juga akan memastikan seluruh hewan yang dipotong pada hari pemotongan hewan tersebut bebas dari penyakit dan aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat. 

“Tim kesehatan yang tersebar dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar juga akan memantau dan memeriksa langsung terhadap ternak yang akan dipotong nantinya,” katanya.

Ia menambahkan untuk estimasi harga jual daging pada hari pemotongan hewan di Kabupaten Aceh Besar berkisar dari Rp170 ribu per kilogram sampai Rp180 ribu per kilogram. (*)

Keyword:


Editor :
Alfi Nora

kip
riset-JSI
Komentar Anda