Beranda / Berita / Aceh / Pangdam IM Resmi Tutup Diktukba TNI AD 2022

Pangdam IM Resmi Tutup Diktukba TNI AD 2022

Kamis, 28 Juli 2022 10:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : fatur

Pangdam IM, Mayjen TNI Mohamad Hasan. [Foto: Dialeksis/ftr]


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayjen TNI Mohamad Hasan secara resmi menutup Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) TNI-AD tahun anggaran 2022 di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh pada Rabu (27/7/2022).

Penutupan pendidikan tersebut juga diwarnai dengan pelantikan 250 siswa menjadi prajurit berpangkat sersan dua, penerimaan ijazah dan penyerahan penghargaan bagi lulusan terbaik pada tahun 2022.

Pangdam IM, Mayjen TNI Mohamad Hasan menyebutkan pembentukan Bintara itu dari anggota organik Kodam Iskandar Muda dari para Tamtama yang sudah memiliki persyaratan untuk naik jabatan Bintara.

“Hari ini kita melantik 327 orang Bintara baru dari berbagai kesatuan yang ada di Aceh, saya selaku Pangdam IM dan pribadi mengucapkan selamat kepada para prajurit yang telah menyelesaikan pendidikan pembentukan Bintara TNI AD tahun 2022,” sebutnya disela-sela usai menutup Diktukba TA 2022.

Mohamad Hasan menjelaskan, para siswa menerima pendidikan di Rindam selama 10 minggu, kemudian mereka akan melanjutkan kegiatan di cabang masing-masing selama delapan minggu.

“Mereka akan merapat ke cabang masing-masing, kemudian mereka akan ditempatkan di kesatuan baru, baik di Aceh ataupun diluar Aceh,” jelasnya.

Ia juga mengharapkan kepada para prajurit yang telah menyelesaikan pendidikan pembentukan Bintara TNI AD terwujudnya sikap dan perilaku Sapta Marga yang selalu memegang teguh sumpah prajurit, serta memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar golongan bintara serta jasmani yang samapta.

Lanjut Pangdam IM mengatakan, status prajurit menjadi seorang bintara yang dituntut harus kuat dan kokoh dalam menopang tegaknya satuan yang profesional.

“Bintara merupakan tulang punggung satuan yang fungsinya sebagai penghubung antara perwira dan tamtama,” ujarnya.

Oleh karena itu, Bintara harus memiliki wawasan yang luas, akhlak yang baik, disiplin yang tinggi dan dapat menjadi contoh teladan bagi anggota, keluarga dan masyarakat,” pungkasnya.

Pantauan Dialeksis.com, acara penutupan itu diwarnai dengan serangkaian acara. Dimulai dari pemeriksaan pasukan yang dilakukan Pangdam IM, pembacaan amanat, pembacaan Surat Keputusan Siswa terbaik dan Surat Keputusan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD).

Diujung acara, ratusan Bintara juga turut menampilkan tarian saman yang dipersembahkan oleh para Prajurit yang baru dilantik serta melakukan sejumlah atraksi dan disaksikan ribuan keluarga prajurit dan masyarakat setempat.

Dalam acara tersebut hadir Pejabat Utama Kodam IM, Perwakilan Wali Nanggroe, Pj Gubernur Aceh, Ketua DPRA, Kepala Kejati Aceh, Kapolda Aceh, Pj Walikota Banda Aceh, dan Pj Bupati Aceh Besar. [ftr]

Keyword:


Editor :
Alfatur

kip
riset-JSI
Komentar Anda