dinsos
Beranda / Berita / Aceh / Mendag Koordinasi Dengan Mentan Atasi Kenaikan Harga Telur dan Cabai

Mendag Koordinasi Dengan Mentan Atasi Kenaikan Harga Telur dan Cabai

Sabtu, 18 Juni 2022 11:00 WIB

Font: Ukuran: - +


Mendag, Zulkifli Hasan. [Foto: Antara/Wahyu Putro A]

DIALEKSIS.COM | Jakarta - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan akan menemui Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk mencari solusi terhadap kenaikan harga bahan pokok seperti sayur, cabai dan telur.

Berdasarkan hasil kunjungan pasarnya, ia menemukan sejumlah harga barang pokok naik. Di antaranya, harga telur yang naik menjadi Rp28 ribu dan ayam yang naik ke Rp40 ribu sampai Rp45 ribu per kilogram. Menurutnya, kenaikan harga tertinggi terjadi pada semua jenis cabai.

Diketahui harga telur sudah naik jadi Rp28 ribu dari Rp22 ribu, ayam juga naik dari Rp22 ribu ke Rp40 ribu sampai Rp45 ribu. Namun saat ini yang paling tinggi itu harga cabai.

Ada pula beberapa bahan pangan seperti kedelai yang harganya naik karena kenaikan harga internasional. Karena hal tersebut memang di luar kendali pemerintah, Zulkifli mengatakan Kemendag akan menyediakan subsidi sebesar Rp1.000 per kilo untuk kedelai.

"Ada harga naik yang di luar jangkauan kita, misalnya kedelai, itu harga internasional karena kita impor ya. Kita enggak bisa apa-apa. Nah, itu pemerintah menyediakan subsidi jadi per kilo kedelai dapat subsidi Rp1.000," imbuh Zulkifli.

Bahkan untuk harga sejumlah sayuran juga melonjak naik, di Pasar Santa, Jakarta Selatan misalnya, harga telur naik dari Rp25 ribu kg menjadi Rp28 ribu per kg dibandingkan pekan lalu.

Brokoli, harga naik dari Rp30 ribu menjadi Rp40 ribu per kg. Sayur kol menyentuh Rp16 ribu per kg. Selanjutnya, sawi hijau dibanderol rata-rata Rp16 ribu per kg naik atau naik dari Rp10 ribu per kg.

Harga cabai merah dihargai Rp120 ribu per kg atau naik dari Rp80 ribu per kg. (CNN Ind)

Keyword:


Editor :
Alfatur

dinas perikanan
dinas pendidikan dayah
esdm
Komentar Anda