Beranda / Berita / Aceh / Layanan Bank Syariah Bukopin Telah Mulai Beroperasi Di Aceh

Layanan Bank Syariah Bukopin Telah Mulai Beroperasi Di Aceh

Sabtu, 17 April 2021 15:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Hakim

Foto: Hakim/Dialeksis.com


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Bank Syariah Bukopin mulai beroperasi dan hadir di Aceh, Jumat (16/4/2021). Setelah diluncurkan berbasis syariah, saat ini pelayanan terhadap nasabah bertempat dikantor lama KB Bukopin Banda Aceh, tepatnya di Jalan Tengku Haji Muhammad Daud Beureueh, masih menerapkan dua sistem yakni, syariah dan konvensional. Direncanakan pada Januari 2022 ini, Bank Bukopin konvesional atau Bank KB Bukopin akan ditutup secara permananen. Sedangkan Bank Syariah Bukopin (BSB) akan menjadi ujung tombak pelayanan di Aceh.

Lebih jelas Direktur Utama BSB, Dery Januar, didampingi Branch Manager Bank KB Bukopin, Sofian, di sela-sela launching, kemarin, menyampaikan, PT Bank Syariah Bukopin terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat dan nasabah, dengan melebarkan ekspansi jaringan Layanan Syariah Bank Umum di kantor Bank KB Bukopin Banda Aceh dan sejumlah unit lainnya.

“Sejalan dengan visi BSB yaitu ‘Menjadi Bank Syariah Pilihan yang terus tumbuh dan kuat’, maka melalui kantor layanan syariah baru sebagai bentuk kontribusi kami dalam melayani masyarakat dan wujud komitmen kami untuk terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat khususnya di Kota Banda Aceh,” ungkap Dery Januar.

Dijelaskan, untuk layanan produk yang ditawarkan ke masyarakat, antara lain, produk pendanaan yaitu Tabungan iB SiAga, Tabungan iB Rencana, Tabungan iB SiAga Bisnis, Tabungan iB Haji dan beberapa produk lainnya.

Sementara layanan pembiayaan ada beberapa segmen yang BSB tawarkan, antara lain segmen kesehatan, segmen Pendidikan, segmen Transportasi, segmen konstruksi, dan segmen UMKM. Sedangkan Produk jasa (service) lainnya yang ditawarkan BSB antara lain Kartu ATM SiAga, BSB Mobile, Transfer, Kliring, Inkaso, Bank Garansi, Cash Management, SPP Online, PPOB, dan Wakaf Uang dimana pelayanan sudah melalui online sistem. 

Dengan dibukanya Layanan Syariah Bank Umum di Banda Aceh, maka sebagai komitmen BSB dalam menyukseskan Implementasi Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2018 tentang Layanan Keuangan Syariah (LKS). “BSB akan terus meningkatkan pencapaian target sesuai dengan rencana bisnis yang telah ditetapkan dengan mempertimbangkan potensi, risk management, dan asas-asas prudential banking, “ tambah Dery.

Sebagai informasi, sebagai bentuk apresiasi dan loyalty bagi nasabah setia Tabungan, BSB mempunyai program menarik dari bagi nasabah yang dinamakan “Tabungan Berhadiah Langsung dan Pilih dan Tentukan Sendiri Hadiahnya”. Program ini untuk nasabah yang membuka rekening tabungan iB SiAga ataupun iB SiAga Bisnis yang diblokir selama jangka waktu tertentu sesuai dengan tiring dan nasabah bisa menentukan atau memilih sendiri hadiahnya.

Saat ini, BSB masih terus gencar untuk menjual produk-produk unggulan seperti Tabungan iB SiAga, dimana iB SiAga merupakan produk simpanan BSB yang dengan mudah dapat dimiliki oleh masyarakat dengan setoran awal cukup terjangkau hanya dengan Rp50ribu saja. Dengan memiliki produk ini, Nasabah sudah bisa mendapatkan kartu ATM, buku tabungan dan dapat menggunakan fasilitas BSB Mobile yang bisa digunakan #DirumahAja dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19.

BSB Mobile bisa nasabah dapatkan dengan men-download aplikasi di google playstore dan lakukan registrasi ke customer service (CS) melalui Halo BSB 1500666. Manfaat menggunakan BSB Mobile saat #DirumahAja yaitu bisa melakukan Cek Saldo, Informasi Transaksi, Pembayaran Tagihan, Pembelian Token/Pulsa, Setoran Negara, Transfer antar Bank, dan pembayaran Zakat, Infaq, Sodaqoh dan Wakaf, ungkap Dery.

Dalam melayani nasabah, BSB didukung oleh jaringan kantor sebanyak 23 outlet, 6 mobil layanan kas, 96 kantor layanan syariah, dan 901 jaringan ATM yang meliputi ATM Bank Syariah Bukopin dan ATM Bank Bukopin.

Seiring transisi dari Bank KB Bukopin ke Bank Syariah Bukopin (BSB) di Aceh, maka rekening masyarakat yang selama ini masih sistem konvesional akan dialihkan ke syariah.

Direktur Utama BSB, Dery Januar yang didampingi Branch Manager KB Bukopin, Sofyan, menyampaikan, migrasi rekening masyarakat ke sistem syariah akan dilakukan bertahap, mulai saat ini hingga Desember 2021 nanti.

Mekanismenya akan segera dikeluarkan oleh pihak Bukopin. Nanti nasabah akan segera dihubungi oleh pihak bank, serta menyetujui peralihan rekeningnya dari KB Bukopin ke BSB. “Mungkin saat ini ada nasabah KB Bukopin ingin beralih ke syariah, ini sudah bisa, nanti secara administrasi ada ketentuannya dan akan prosesnya akan sesimple mungkin,” ujar Dery.

Selain itu, kata Dery, bagi nasabah lain yang selama ini ingin menjadi nasabah bank syariah, maka BSB dapat menjadi solusi. Jadi kedepan, selain mengalihkan nasabah dari konvensional, BSB juga akan menjaring nasabah baru.

Bagi nasabah yang tetap bertahan dengan rekening konvesiona;, maka pada saat qanun LKS sudah sepenuhnya berlaku dan bank konvesional tutup operasional di Aceh. Maka rekening masyarakat tersebut akan dialihkan ke unit Sumatera Utara.

Branch Manager Bank KB Bukopin, Sofyan mengatakan, saat ini di Aceh terdapat 30 ribu akun/rekening masyarakat di bank Bukopin, yang terbagi di Banda Aceh, Sigli, dan Lhokseumawe. Sedangkan total pinjaman yang sedang bergulir di Aceh saat ini sekitar Rp 230 miliar, mulai sektor perdagangan, konstruksi, properti, dan UMKM [hakim].

Keyword:


Editor :
Redaksi

dinas pendidikan idul fitri
riset-JSI
Komentar Anda