Beranda / Berita / Aceh / Kakanwil Kemenag Aceh: Jemaah Haji Lansia Akan Duduk di Kursi Kelas Bisnis

Kakanwil Kemenag Aceh: Jemaah Haji Lansia Akan Duduk di Kursi Kelas Bisnis

Jum`at, 17 Mei 2024 12:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Kakanwil Kemenag Aceh, Drs H Azhari menyampaikan jemaah haji lansia ini akan duduk di kursi kelas bisnis pesawat selama penerbangan, baik saat keberangkatan ke tanah suci maupun saat kembali ke tanah air. [Foto: Humas Kemenag Aceh]


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Jemaah haji Aceh yang tergolong lanjut usia (lansia) yang akan menunaikan ibadah haji tahun ini dipastikan akan terbang dengan nyaman ke tanah suci.

Para jemaah haji lansia ini akan duduk di kursi kelas bisnis pesawat selama penerbangan, baik saat keberangkatan ke tanah suci maupun saat kembali ke tanah air.

Aturan tersebut sesuai dengan instruksi dalam surat edaran Nomor 2 Tahun 2024 tentang Mekanisme Pengkloteran dan Penyusunan Pramanifes. Hal itu disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Aceh, Drs H Azhari.

“Jadi untuk para jemaah yang telah berumur nanti akan duduk paling depan di kursi kelas bisnis, biar lebih luas dan nyaman. Tapi mungkin ya tidak semua mau, karena kebanyakan pergi dengan anak, tidak mau dipisah dengan anaknya dalam pesawat,” kata Azhari, Jum'at (17/5/2024).

Selain itu, jemaah haji yang telah berumur kata Azhari juga tidak mengikuti pelepasan jemaah saat di asrama haji. 

“Untuk administrasi, identitas paspor dan lain-lain nanti akan diantar ke kamar, kemudian langsung dinaikkan ke dalam mobil menuju bandara,” kata Azhari.

Selain soal manifest, dalam surat edaran itu, juga disebut beberapa pelayanan prioritas lainnya, di antaranya pengguna kebutuhan kursi roda dan menu khusus bagi jamaah haji lansia dan risti wajib diinput pada siskohat.

Kemudian memberikan tanda status prioritas untuk jamaah lansia, disabilitas, dan risiko tinggi. Petugas ibadah haji kloter dan daerah agar ditempatkan tersebar di kursi bagian depan, tengah, dan belakang dalam pesawat. Lalu menempatkan petugas kesehatan lebih dekat dengan jemaah haji lansia.

Azhari juga mengatakan, tagline Haji Ramah Lansia kembali diusung Kementerian Agama dalam penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M. Untuk itu, tagline itu menjadi catatan penting bagi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Aceh.

“Sama seperti tahun lalu, tema tahun ini juga masih haji ramah lansia, tentu kita akan berusaha maksimal dalam memberikan pelayanan prima kepada semua jamaah dan juga pelayanan prioritas kepada jemaah lanjut usia,” kata Azhari. 

Untuk diketahui, jumlah jemaah haji Aceh termasuk petugas tahun ini sebanyak 4.710 orang. Dari total tersebut, 219 di antaranya merupakan jemaah haji lansia. Adapun jemaah haji tertua tahun ini berusia 96 tahun, berasal dari Pidie Jaya atas nama Abu Bakar Mureh. Sedangkan jemaah termuda berusia 18 tahun atas nama Risma Saleha Pasribu berasal dari Gayo Lues.

Seperti diberitakan sebelumnya, jemaah haji Kloter 01 Aceh akan berangkat pada 29 Mei sekira pukul 16.45. Jemaah kloter pertama ini akan masuk ke Asrama Haji sehari sebelumnya pada 28 Mei. “Kita semuanya ada 12 kloter,” demikian Azhari. [*]

Keyword:


Editor :
Indri

kip
riset-JSI
Komentar Anda