Beranda / Berita / Aceh / HPSN 2024, Pemko Kutip Sampah di Kilometer Nol Banda Aceh

HPSN 2024, Pemko Kutip Sampah di Kilometer Nol Banda Aceh

Senin, 04 Maret 2024 15:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Foto: Diskominfotik BNA

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Sejumlah pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh baik PNS dan non PNS ikut mengutip sampah pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024 di Kilometer Nol Kota Banda Aceh, Minggu (3/3/2024).

Pj Sekretaris Daerah Kota Banda Aceh Wahyudi, S.STP, M.Si mengatakan persoalan sampah harus menjadi perhatian utama supaya penanganan dan pengelolaan sampah harus melibatkan seluruh komponen masyarakat, akademisi, LSM, dunia usaha dan bahkan dunia usaha.

Wahyudi mengatakan, HPSN 2024 mengangkat tema ‘Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif’ adanya persoalan sampah plastik yang masih terus menjadi persoalan serius baik secara nasional maupun internasional.

Saat ini, kata Wahyudi volume sampah terus meningkat di TPA Kota Banda Aceh hingga mencapai 93.506 ton pada tahun 2023 yang lalu. “Ini meningkat dibandingkan tahun 2022 yang hanya 90.174 ton. Untuk tahun 2023 ini rata-rata sampah yang masuk per hari 256 ton,” kata Wahyudi.

Karena itu, Wahyudi berharap agar dapat berperan aktif dalam pelestarian lingkungan dan mulai menggunakan barang-barang ramah lingkungan.

“Dengan dampak yang ditimbulkan tersebut kami berharap kepada kita semua untuk dapat berperan aktif dalam pelestarian lingkungan, berkolaborasi dengan berbagai pihak, mengubah pola kebiasaan dengan penuh kesadaran, menciptakan gaya hidup sehat, dan mulai menggunakan barang-barang ramah lingkungan dan terus menerapkan prinsip dasar reduce, reuse dan recycle,” harapnya. [*]

Keyword:


Editor :
Indri

kip
riset-JSI
Komentar Anda