dinsos
Beranda / Berita / Aceh / FEB USK Lakukan Kegiatan PKM, Rekatkan Silaturahmi Melalui Kerajinan Anyaman

FEB USK Lakukan Kegiatan PKM, Rekatkan Silaturahmi Melalui Kerajinan Anyaman

Minggu, 14 Agustus 2022 15:00 WIB

Font: Ukuran: - +


Kegiatan PKM FEB USK di Gampong Lamgirek, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar pada hari Minggu (14/8/2022). [Foto: Ist]


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Syiah Kuala (USK) melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Gampong dengan tema “Melalui Peningkatan Produktivitas dan Diferensiasi Produk Usaha Kerajinan Anyaman,” di Gampong Lamgirek, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar pada hari minggu (14/8/2022).

Kegiatan yang dikoordinatori oleh Prof Dr Mukhlis Yunus tersebut bertujuan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat gampong dengan membuka akses pemasaran produk anyaman dari pohon bembam yang menjadi sumber utama di gampong tersebut.

"Dengan kegiatan ini kita harapkan ekonomi masyarakat bisa terungkit terutama dalam usaha kerajinan yang berbasis sumber daya lokal,” ujar Prof Mukhlis.

Ia melanjutkan, kegiatan acara pengabdian ini dalam rangka mendekatkan, menyatukan serta memberi kontribusi civitas akademika Fakultas ekonomi USK dengan masyarakat dalam upaya mendorong kesejahteraan masyarakat.

“Perguruan tinggi tidak hanya menjadi menara gading bagi masyarakat, tapi mampu menjadi menara air yang dapat mendorong dan mengatasi masalah yang belum teratasi di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Di sisi lain, Dekan FEB USK Prof Dr Faisal MA berharap dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan silaturahmi antara perguruan tinggi dengan masyarakat.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini meningkatkan silahturahim antara perguruan tinggi dan masyarakat, dan menjadi jembatan penghubung antara perguran tinggi dalam melakukan transfer pengetahuan pada masyarakat tidak hanya melalui bangku kuliah tapi turun langsung ke masyarakat," jelas Dekan FEB tersebut.

Kegiatan ini diisi dengan pencerahan kepada pengrajin dengan materi pengenalan manajemen usaha kerajinan, tata kelola keuangan usaha kecil dan mekanisme pemasaran serta tata kelola produksi kerajinan berkelanjutan.

Para pemateri diisi oleh Prof Mukhlis Yunus, Prof Said Musnadi, Prof Muhammad Adam, Prof Faisal, Dr Iskandar Madjid, Dr A Sakir, Dr Ahmad Nizam dan Fakhrurrazi SE MM.

Selain itu, ada Dr Nurdasila, Dr Halimatusakdiah, Dr Muliati Usman dan staf pengajar jurusan Manajemen lainnya turut berkontribusi memberi ilmu dan pengalamannya dalam rangka memotivasi dan meningkatkam mutu dan produktivitas usaha kerajinan masyarakat.[]


Keyword:


Editor :
Akhyar

dinas perikanan
dinas pendidikan dayah
esdm
Komentar Anda