distanbun 10
Beranda / Berita / Aceh / Dua Tahun Pasca Covid, RSAN Rayakan HUT RI ke-77 Bersama Ratusan Anak Yatim dan Korban Kekerasan

Dua Tahun Pasca Covid, RSAN Rayakan HUT RI ke-77 Bersama Ratusan Anak Yatim dan Korban Kekerasan

Minggu, 14 Agustus 2022 23:59 WIB

Font: Ukuran: - +


Tawa bahagia anak-anak binaan UPTD RSAN saat mengikuti lomba peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia, Banda Aceh, Minggu (14/8/2022). [Foto: For Dialeksis]

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Iringan kebahagiaan 400 anak-anak memenuhi unit pelaksana dinas rumoh seujahtera aneuk nanggroe, betapa tidak meski dua hari lagi akan menyambut hari kemerdekaan Indonesia ragam perlombaan untuk memperingati semangat perjuangan dalam kemerdekaan Indonesia turut dirasakan oleh anak-anak yatim serta korban kekerasan yang terjadi di Aceh. 

Berbeda dengan beberapa tahun lainnya suasana yang terjadi begitu berbeda, ratusan anak-anak dari Desa Gue Gajah tempat RSAN berada diajak untuk ikut memeriahkan.

UPTD Rumoh Seujahtera Aneuk Nanggroe merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah pada Dinas Sosial Aceh, mempunyai tugas melaksanakan sebagian teknis operasional di bidang penerimaan, pelayanan, pengasuhan dan perlindungan terhadap Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial Anak Terlantar, Anak Jalanan, Anak Korban Tindak Kekerasan atau diperlakukan salah, Anak yang Berhadapan dengan Hukum dan Anak yang memerlukan Kebutuhan Khusus.

Kepala UPTD RSAN Michael Octaviano disela-sela perlombaan mengatakan sebanyak ratusan anak yang terkumpul dari 10 dusun di Desa di ikut sertakan untuk bersama-sama mengikuti lomba peringatan kemerdekaan . Minggu (14/08/2022)

“Perdana pada peringatan kemerdekaan, uptd melibatkan 1 desa dengan 10 dusun, dari kegiatan ini kita berharap kehadiran UPTD RSAN dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar.

Dengan Keterbatasan fasilitas tidak menjadi penghalang, bagi semangat antusiasme PPKS Anak UPTD RSAN dan anak-anak dari Gampong Gue Gajah di hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke- 77 Tahun 2022 ini,” ucapnya.

Berbagai kegiatan telah berlangsung, contohnya perlombaan Seperti Tarik tambang,Balap karung, Makan kerupuk, Masuk paku dalam botol, Balap kelereng, Estafet air, Make Up tutup mata.

Dikatakan Michael Dengan adanya kegiatan positif ini, diharapkan dapat menumbuhkan rasa nasionalisme sejak dini kepada anak-anak, serta adanya jiwa sportif dan kompetitif dalam diri anak-anak. Karena, apabila telah dibiasakan dengan situasi kompetisi dengan cara yang jujur dan adil, akan menjadikan anak-anak sebagai pribadi yang tangguh dan berbudi pekerti yang luhur.

“Anak-anak dari RSAN ini adalah anak kita bersama, dengan semangat kemerdekaan kita bawa ajarkan mereka memiliki rasa peduli dan tanggung jawab , kita akan mendidik dan membantu mereka mengejar cita-cita, kita hadirkan pengalaman sosial mendalam di diri mereka dengan mengajak mereka mengenal dengan masyarakat luas seperti melakukan kolaborasi dengan Gampong,” ujarnya

Sekretaris Desa Gue Gajah Rizki Aulia mengatakan, pihaknya begitu bahagia atas kegiatan yang dilakukan oleh UPTD RSAN, menurutnya kegiatan positif ini dapat bersinergi dengan gampong sebab menurutnya gampong bagian dari panti dan panti adalah bagian dari gampong.

“Senang sekali dengan inisiasi yang dilakukan oleh UPTD RSAN, semoga silaturahmi kita tetap terjalin sesuai dengan tema kemerdekaan pulih lebih cepat bangkit lebih kuat, semoga anak-anak kita menjadi anak baik dan sholeh serta kreatif sehingga berguna bagi nusa dan negara,”

Sementara itu, Yusrizal selaku Kepala Dinas Sosial Aceh yang turut hadir untuk membuka kegiatan mengatakan peringatan ini diharapkan dapat menjadi forum untuk menambah teman dan wawasan bagi anaka-anak binaan di UPTD RSAN.

Melalui peringatan kemerdekaan iya berharap tidak ada lagi kekhawatiran dari anak-anak yang menjadi korban kekerasan di Aceh

“Jadikan forum ini untuk menambah teman, jangan bersedih kita punya banyak saudara dan orang tua yang menggantikan kalian, anda sekalian tetap bersyukur dan menerima jangan khawatir dengan apapun kondisi kalian, ada pengasuh yang menjadi orang tua kalian,” ucapnya.


Keyword:


Editor :
Akhyar

distanbun 11
riset-JSI
distanbun 12
Komentar Anda