dinsos
Beranda / Berita / Aceh / Dua Hari Lagi, Disbudpar Aceh Gelar Festival Kuliner Pidie Jaya

Dua Hari Lagi, Disbudpar Aceh Gelar Festival Kuliner Pidie Jaya

Senin, 25 Juli 2022 23:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Poster Festival Kuliner Pidie Jaya. [Foto: dok. Disbudpar Aceh]

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh akan menggelar Festival Kuliner Pidie Jaya pada tanggal 27-29 Juli 2022 di halaman Komplek Kantor Bupati Lama, Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya.

Kepala Disbudpar Aceh Almuniza Kamal, menyebutkan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka melestarikan dan mempromosikan kuliner tradisional khas Aceh, khususnya kuliner Kabupaten Pidie Jaya di mata dunia.

“Provinsi Aceh, khususnya Kabupaten Pidie Jaya, kaya akan kuliner dengan berbagai ciri khasnya. Potensi ini harus dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin agar menjadi magnet pariwisata dan menarik wisatawan agar datang berkunjung ke kabupaten tersebut,” sebut Almuniza, Senin (25/7/2022).

Lebih lanjut, Ia berharap kegiatan Festival Kuliner Pidie Jaya ini dapat menumbuhkan dan menggerakkan roda UMKM lokal untuk terus berkembang dan meningkatkan perekonomian para pelaku usaha mikro.

“Kabupaten Pidie Jaya memiliki berbagai kuliner tradisional yang harus dilestarikan. Misalnya seperti kue Adee Meureudu, yang merupakan ciri khas dari Kabupaten Pidie Jaya. Uniknya, kue ini memiliki karakteristik sendiri dengan aroma bawang goreng dan rasa manis yang khas,” terang Almuniza.

Kepala Bidang Sejarah dan Nilai Budaya Disbudpar Aceh Evi Mayasari, menjelaskan, perhelatan Festival Kuliner Pidie Jaya diharapkan dapat menjadi daya tarik pariwisata yang membesarkan nama Aceh, khususnya Kabupaten Pidie Jaya, baik secara nasional maupun internasional.

“Kami optimis, kegiatan Festival Kuliner Pidie Jaya dapat membangkitkan peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya, serta ragam kuliner Aceh bisa ikut menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi positif,” ujar Evi.

Kegiatan yang dihelat selama tiga hari itu akan diramaikan dengan aneka acara yang edukatif, seperti khanduri kuliner, demo memasak, bazar kuliner, dan talk show seputar kuliner Kabupaten Pidie Jaya.

Selain itu, event Festival Kuliner Pidie Jaya ini juga akan dihiasi berbagai perlombaan seperti, kompetisi memasak, lomba video ekplorasi kuliner Kabupaten Pidie Jaya, dan lomba penulisan artikel kuliner.

Tidak ketinggalan, sejumlah sanggar seni juga dijadwalkan akan tampil guna memeriahkan acara tersebut, seperti Grup Nasyid Salsabil, Sanggar Chitka Geunta, Sanggar Cut Nyak Dhien, Elmumtaz Gambus, Sanggar Meurah Seutia, Sanggar Seumapa Narit Maja, Sanggar Jamaul Fata, dan Sanggar Labang Donya. [DBP]

Keyword:


Editor :
Indri

dinas perikanan
dinas pendidikan dayah
esdm
Komentar Anda