demokrat muslim
Beranda / Berita / Aceh / Berguna untuk Penulisan Karya Ilmiah, 110 Mahasiswa UIN Ar-Raniry Belajar Aplikasi Zotero

Berguna untuk Penulisan Karya Ilmiah, 110 Mahasiswa UIN Ar-Raniry Belajar Aplikasi Zotero

Rabu, 26 Oktober 2022 21:30 WIB

Font: Ukuran: - +

110 mahasiswa UIN Ar-Raniry belajar aplikasi Zotero. [Foto: dok. HES]

DIALEKSIS.COM | Aceh - Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry menyelenggarakan pelatihan penggunaan aplikasi Zotero, Rabu (26/10/2022) di Fakultas setempat.

Bekerjasama dengan Lab Fakultas Syariah dan Hukum dan Perhimpunan Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah (HIMAHESA), 110 mahasiswa berbagai prodi mengikuti pelatihan dengan serius.

Instruktur Nahara Eriyanti SHI MH, alumni program magister dari UIN Kalijaga Yogyakarta, mengatakan aplikasi Zotero adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk memudahkan mahasiswa, dosen dan peneliti untuk mensitasi berbagai referensi dalam penulisan karya ilmiah.

Sementara itu, Ketua Prodi HES UIN Ar-Raniry, Dr.iur. Chairul Fahmi, M.A, menjelaskan, kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi Zotero bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam menulis tugas akhir skripsi.

"Aplikasi ini akan memudahkan para mahasiswa untuk mengambil dan mengelola berbagai sumber referensi dari berbagai sumber, seperti jurnal, web, buku, paper, dokumen, video dan lainnya termasuk memudahkan dalam mengelola daftar bibliografi dalam sebuah karya tulis," kata Chairul Fahmi.

Ia berharap melalui pelatihan ini mahasiswa mampu meningkatkan softskill dan memiliki kemampuan tambahan berupa ketrampilan khusus dalam penulisan karya ilmiah, baik skripsi, thesis maupun tugas-tugas pembuatan makalah sesuai dengan standar karya ilmiah yang baik.

Senada dengan instruktur dan Ketua Prodi, Dekan FSH UIN Ar-Raniry, melalui Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Hasnul Arifin Melayu, M.A, mengatakan, kegiatan pelatihan dan penggunaan aplikasi Zotero ini untuk meningkatkan kemampuan dan memudahkan mahasiwa dalam mencari referensi dan analisis data agar output penelitian mahasiswa bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah. 

"Kegiatan ini sangat penting bagi mahasiswa terutama cara mencitasi berbagai karya ilmiah sebagai referensi dalam penulisan skripsi, sehingga output dari skripsi mahasiswa di FSH menjadi karya ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademik dan dapat menjadikan lulusan-lulusan yang unggul," tuturnya. [rls]

Keyword:


Editor :
Indri

dispora, ksp, perpadi
Komentar Anda