Beranda / Berita / Aceh / Aiyub Abbas dan Said Mulyadi Duet Kepala Daerah Fenomenal Berhasil Pimpin Pijay 2 Periode

Aiyub Abbas dan Said Mulyadi Duet Kepala Daerah Fenomenal Berhasil Pimpin Pijay 2 Periode

Kamis, 11 Mei 2023 09:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Nora

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Bupati Pidie Jaya H. Aiyub Abbas dan Wakil Bupati Pidie Jaya Dr. H. Said Mulyadi, SE, MSi merupakan satu-satunya kepala daerah di Aceh yang berhasil memimpin selama 2 periode. 

Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Pidie Jaya akan berakhir 31 Desember 2023. Memasuki masa berakhir dua periode, ada hal menarik dalam kepemimpinan Bupati Kabupaten Pidie Jaya.

Pasalnya, kepemimpinan duet antara H. Aiyub Abbas dan Said Mulyadi merupakan satu-satunya duet kepala daerah jadi fenomenal berhasil memimpin selama 2 periode.

Hal itu menjadi fakta sejarah tak terbantahkan jelang beberapa bulan lagi berakhir masa dua periode kepemimpinan mereka.

Dari informasi yang dihimpun Dialeksis.com, Kamis (11/5/2023). Aiyub Abbas atau lebih dikenal dengan nama Abuwa Muda (lahir 2 Mei 1969) adalah Bupati Pidie Jaya dari Partai Aceh 2 periode yakni 2014-2019 dan 2019-2024 dan merupakan mantan tokoh pejuang Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

Pada Tahun 2013, Partai Aceh mengusung Aiyub Abbas bersama Said Mulyadi sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Pidie Jaya.

Pasangan No.2 ini menjadi Bupati dan Wakil Bupati Pidie Jaya terpilih periode 2014-2019 setelah memenangkan suara terbanyak. 

Kemudian, pada Pilkada 2019, pasangan Aiyub Abbas dan Said Muliyadi kembali terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pidie Jaya untuk masa jabatan tahun 2019-2024. 

Waktu itu dilantik oleh Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah, dalam acara Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Aceh Kabupaten Pidie Jaya di Aula DPRK Pidie Jaya, Senin (4/2/2019).

Dalam sambutannya Nova mengatakan, menurut statistik Mendagri hanya 3 persen pasangan Bupati yang bertahan. Hal itu membuktikan bahwa pasangan Aiyub dan Said Mulyadi adalah pemimpin istimewa.

Sementara itu, pada Juni mendatang, Aiyub Abbas mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Bupati Pidie Jaya.

Pernyataan tersebut ditegaskan Ketua Partai Aceh (PA) Pidie Jaya itu karena dirinya akan maju sebagai calon legislatif (caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) pada Pileg tahun 2024 mendatang.

Begitu Aiyub Abbas mengundurkan diri, Said Mulyadi akan mengantikan posisi Aiyub Abbas sebagai orang nomor satu di Kabupaten Pidie Jaya.

Said Mulyadi atau yang lebih dikenal dengan sebutan Waled itu akan menjabat sebagai Bupati Pidie Jaya selama lebih kurang enam bulan.

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

kip
riset-JSI
Komentar Anda