Beranda / Berita / Aceh / 7.820 Pemilih Pemula Belum Rekam e-KTP, Disdukcapil Aceh Timur Turun Langsung ke Kecamatan

7.820 Pemilih Pemula Belum Rekam e-KTP, Disdukcapil Aceh Timur Turun Langsung ke Kecamatan

Senin, 30 September 2024 16:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Kepala Disdukcapil Kabupaten Aceh Timur, Faisal Idris menyampaikan pihaknya akan mempercepat Perekaman e-KTP bagi pemilih pemula menjelang Pilkada 2024. [Foto: Prokopim AT]


DIALEKSIS.COM | Idi - Berdasarkan Data Konsolidasi Bersih (DKB) 2024 yang disampaikan Dirjen Dukcapil Kemendagri bahwa Kabupaten Aceh Timur tercatat sebanyak 7.820 jiwa usia 17 atau masuk dalam pemilihan pemula belum melakukan perekaman e-KTP.

"Ada ribuan pemilih pemula yang sudah masuk dalam Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4). Sehingga, guna menyukseskan pesta demokrasi yang akan berlangsung 27 November mendatang, tim Disdukcapil turun langsung ke kecamatan," ujar Kepala Disdukcapil Kabupaten Aceh Timur Faisal Idris dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/9/2024).

Faisal mengungkapkan Pemkab Aceh Timur melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) akan mempercepat perekaman e-KTP bagi pemilih pemula menjelang Pilkada 2024.

Adapun upaya yang dilakukan dinas tersebut dengan membuka pelayanan perekaman e-KTP keliling yang dipusatkan di beberapa kecamatan mulai besok Selasa, 1 Oktober 2024.

"Kita berharap kepada camat untuk mengoordinasikan Pemerintah Gampong untuk mengerahkan masyarakat melakukan perekaman e-KTP sesuai jadwal di masing masing kecamatan," imbuh Faisal.

Dikatakan, ini merupakan tindak lanjut surat Dirjen dukcapil Kemendagri dan hasil rapat bersama PJ. Bupati dan camat dalam rangka persiapan persiapan Pilkada 2024. Maka ini perlu percepatan perekaman e-KTP bagi pemula agar mereka yang belum punya KTP bisa memilih.

Ia turut mengimbau kepada pemilih pemula untuk memanfaatkan kesempatan perekaman e-KTP keliling ini dengan baik.

"Semoga tingginya partisipasi pemula ini mempercepat proses perekaman tanpa ada kendala bagi tim yang bertugas di lapangan nantinya," pungkas Faisal. [*]

Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda