Beranda / Berita / Aceh / Jemput Bola, Disdukcapil Sabang Intensifkan Rekam KTP Bagi Pemilih Pemula

Jemput Bola, Disdukcapil Sabang Intensifkan Rekam KTP Bagi Pemilih Pemula

Minggu, 11 Februari 2024 13:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Kepala Disdukcapil Sabang, Aidil Fitri mengatakan hingga saat ini pelayanan perekaman KTP-el masih terus dilakukan. Tidak hanya dalam Kota Sabang, pihaknya juga melakukan jemput bola hingga ke sekolah-sekolah umum dan dayah maupun pesantren yang ada di Banda Aceh dan Aceh Besar. [Foto: kanalinspirasi]


DIALEKSIS.COM | Sabang - Pemerintah Kota Sabang melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) semakin gencar melakukan pelayanan rekam kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) khususnya bagi pemilih pemula.

Kepala Disdukcapil Sabang, Aidil Fitri mengatakan hingga saat ini pelayanan perekaman KTP-el masih terus dilakukan. Tidak hanya dalam Kota Sabang, pihaknya juga melakukan jemput bola hingga ke sekolah-sekolah umum dan dayah maupun pesantren yang ada di Banda Aceh dan Aceh Besar.

"Pada tanggal 31 Januari hingga 4 Februari 2024, kita melakukan jemput bola ke Banda Aceh dan Aceh Besar. Kita bantu mereka merekam KTP dengan cara kita yang datang. Ini kita lakukan dalam rangka mengejar target perekaman KTP-El sekaligus untuk pemilu ke depan, agar anak-anak di Sabang tidak kehilangan hak suaranya," kata Aidil Fitri, dilansir dari laman Instagram @humas_kotasbang, Minggu (11/2/2024).

Ia menjelaskan, jemput bola perekaman KTP-el bagi pemula ini akan terus dilakukan secara bertahap menjelang maupun sesudah pemilu nanti. Tidak hanya jemput bola ke sekolah-sekolah di dalam maupun luar Kota Sabang, namun pelayanan juga dibuka langsung Kantor Disdukcapil.

"Perekaman KTP-el tidak hanya kami lakukan untuk tujuan pemilu, tapi ini untuk mendorong semua siswa yang sudah wajib memiliki KTP untuk punya kartu identitas penduduk. Itu akan memudahkan mereka untuk mendapatkan layanan publik seperti layanan kesehatan, pendidikan, perbankan, dan lain sebagainya," jelas Aidil.

Tercatat, di tahun 2024 ini, Disdukcapil mendata sebanyak 1.415 jiwa yang sudah melakukan perekaman, dari jumlah keseluruhan 1.649 jiwa. Sementara yang belum melakukan perekaman hanya sekitar 234 jiwa.

"Dengan begitu, progres data perekaman KTP-el bagi pemilih pemula Kota Sabang mencapai 85,81 persen. Persentase tersebut menjadi progres data perekaman KTP-el pemula tertinggi di Provinsi Aceh," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sabang terus berkomitmen untuk terus meningkatkan akses dan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan KTP-el, termasuk untuk lansia dan dalam hal ini bagi pemilih pemula. 

"Layanan jemput bola juga kami lakukan bagi masyarakat yang tidak bisa datang langsung ke kantor, seperti lansia dan warga yang sedang sakit. Ini merupakan komitmen kami untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan yang cepat dan mudah kepada seluruh masyarakat," pungkasnya. [*]

Keyword:


Editor :
Indri

kip
riset-JSI
Komentar Anda