Beranda / Berita / Aceh / 51 Nelayan yang Mendapat Amnesti Raja Thailand Tiba di Aceh

51 Nelayan yang Mendapat Amnesti Raja Thailand Tiba di Aceh

Selasa, 06 Oktober 2020 13:45 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Indra Wijaya

51 nelayan tiba di Aceh dan dilakukan penyambutan oleh Dinas Sosial Aceh di Anjongan Mon Mata, Banda Aceh, Selasa (6/10/2020). (Foto: Indra Wijaya/dialeksis.com)



DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - ke-51 nelayan Aceh yang mendapat amnesti dari Raja Thailand telah tiba di Aceh pada pukul 09.00 WIB.

Ke-51 nelayan Aceh langsung disambut oleh Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Provinsi Aceh yang nantinya langsung diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Timur, tempat asal ke-51 nelayan itu.

Kadinsos Provinsi Aceh, Alhudri mengatakan, pada tanggal 21 Januari 2020 ada sebanyak 57 nelayan Aceh yang yang ditanggap otoritas negara Thailand dikarenakan kedapatan melanggar tapal batas wilayah laut Thailand.

Namun kata dia, pihaknya dari Dinas Sosial mewakili Pemerintah Aceh langsung melobi Kementrian Luar Negeri agar dilakukan pemulangan terhadap nelayan itu.

Lanjut Alhudri, dari ke-57 nelayan itu terdapat enam orang nelayan yang masih dibawah umur.

"Dalam waktu beberapa bulan setelah ditangkap, kita sempat mengembalikan 6 orang awalnya karena dibawah umur," kata Alhudri saat memberikan sambutan kepada 51 nelayan Aceh itu di Anjongan Mon Mata Banda Aceh, Selasa (6/10/2020).

Ia mengatakan, pada 1 Oktober 2020, ke-51 nelayan itu berangkat dari Thailand menggunakan Pesaawat Garuda dan tiba di Bandara Soekarno Hatta.

"Mereka berangkat ke Aceh pagi tadi mulai pukul 05.00 WIB dan tiba di Aceh pukul 09.00 WIB," ujarnya.

Kata ALhudri, melalui Perintah Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, ke 51 nelayan itu akan langsung dipulangkan ke keluarganya masing-masing melalui Pemerintah Kabupaten Aceh Timur.

Ia juga berpesan kepada 51 nelayan itu, agar senantiasa menjaga batas wilayah laut Indonesia saat mencari pergi melaut.

"Nelayan untuk senantiasa menjaga tapal batas negara saat melalut. Agar kejadian yang sama tidak terjadi kepada nelayan kita di Aceh,"ungkapnya.

Sementara itu, Asisten I Setdakab Aceh Timur, Syahrizal Fauzi mengatakan berterima kasih kepada semua yang telah memulangkan ke-51 nelayan yang berasal dari daerahnya itu.

"Terimah kasih kepada semua unsur yang berperan dalam pemulangan 51 nelayan ini. Pemirintah Kabupaten Aceh Timur juga akan memberikan santunan kepada para nelayan ini dan semoga santunan ini bermanfaat," pungkasnya.(IDW)

Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda