Beranda / Berita / Aceh / 2.493 hektar Lahan Hadapi Gagal Panen, Masyarakat Aceh Besar Shalat Istisqa

2.493 hektar Lahan Hadapi Gagal Panen, Masyarakat Aceh Besar Shalat Istisqa

Kamis, 23 Januari 2020 13:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Masyarakat Aceh Besar sedang melaksanakan sholat Istisqa, Kamis (23/1/2020). [Foto: Media Center Aceh Besar]

DIALEKSIS.COM | Aceh Besar - Masyarakat Aceh Besar terlihat khusyuk dalam sholat dan doa yang dipimpin oleh Abu At Thailah Ishak Al Amiry, Pimpinan Dayah Ulee Titi saat menunaikan sholat meminta hujan di lapangan bola kaki Siron, Ingin Jaya, Kamis (23/1/2020).

Abu Ulee Titi, dalam khutbahnya mengingatkan kita semua untuk senantiasa taat kepada Allah dan Rasul serta beramal Sholeh agar diberikan keberkahan.

"Allah dalam Firman-Nya berjanji akan memberikan berkah dari langit dan bumi jika masyarakat beriman dan bertaqwa," ingatnya. 

Ulama Aceh tersebut juga meminta agar selalu mengingat Allah dalam kesusahan dan menambah ingat pada Tuhan dikala senang. "Ingatlah Tuhan disaat susah dan senang," pesan Abu. 

Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali beserta Istri dan kepala OPD juga hadir menunaikan sholat Istisqa bersama masyarakat.

Saat diwawancara sejumlah wartawan, Mawardi Ali mengungkapkan bahwa sebagai manusia, kita telah melakukan berbagai upaya untuk mengairi dan membagi air untuk pertanian. "Sholat Istisqa untuk memohon pertolongan Allah SWT, supaya diberikan hujan," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa irigasi yang jebol telah diperbaiki, pembagian air juga dilakukan, namun debit air memang cukup rendah sehingga hujan merupakan solusi.

"Semoga hujan segera turun, sebagai solusi menghadapi musim kemarau saat padi sedang tumbuh," harapnya.

Selain di Siron, pelaksanaan sholat serupa juga dilaksanakan di Kecamatan Peukan Bada. Diperkirakan sekitar 2.493 hektar yaitu 10 persen dari luas lahan pertanian akan menghadapi gagal panen karena kemarau dan kekurangan pasokan air pada musim ini. (mc)
 

Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda