Beranda / Berita / Aceh / 15.918 Pantarlih Se-Aceh Lakukan Coklit Data Pemilih, KIP Harap Bisa Berlangsung Sukses

15.918 Pantarlih Se-Aceh Lakukan Coklit Data Pemilih, KIP Harap Bisa Berlangsung Sukses

Selasa, 14 Februari 2023 08:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Ketua Divisi Data dan Informasi (Datin) KIP Aceh, Agusni AH


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Sebanyak 15.922 petugas Pemutakhiran Data Pemilih ( Pantarlih) se-Aceh mulai melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih di masing-masing daerah.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Divisi Data dan Informasi (Datin) KIP Aceh, Agusni AH, kepada DIALEKSIS.COM, Selasa, (14/2/2023), menurutnya para petugas Pantarlih itu sudah mulai bekerja sejak 12 Februari hingga 14 Maret 2023.

Agusni AH menjelaskan, sistem dan tatacara kerja petugas Pantarlih dengan dua metode yakni secara manual dan e-coklit (menggunakan aplikasi). Ini untuk menghindari manakala adanya kendala jaringan lewat sistem e-coklit maka bisa dilakukan langsung secara manual.

Kemudian, hasil coklit pemilih yang dilakukan Pantarlih akan ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS), Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) hingga Daftar Pemilih Tetap (DPT) secara berjenjang mulai ditingkat PPS, PPK, KIP kabupaten/kota, KIP Provinsi Aceh dan KPU RI.

“Saat ini semua Pantarlih sudah dilantik dan siap turun ke lapangan. Kita berharap tak ada kendala teknis di lapangan dalam melakukan pemutakhiran pemilih,” kata Agusni.


Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

riset-JSI
Komentar Anda