Beranda / Berita / Aceh / 1.571 Jemaah Haji Aceh Tiba di Makkah, Kloter 1 Mulai Terima Wakaf Baitul Asyi

1.571 Jemaah Haji Aceh Tiba di Makkah, Kloter 1 Mulai Terima Wakaf Baitul Asyi

Minggu, 02 Juni 2024 17:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Jemaah haji Aceh Kloter 1 terima dana wakaf Baitul Asyi. [Foto: Humas Kemenag Aceh]



DIALEKSIS.COM | Jeddah - Jemaah haji Kelompok Terbang (Kloter) 4 Embarkasi Aceh (BTJ-04) tiba di Arab Saudi. Pesawat Garuda Indonesia yang membawa 392 jemaah asal Kabupaten Pidie itu mendarat di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Ahad (2/6/2024) pukul 04.50 WIB.

Dengan tibanya kloter 4, maka jemaah Aceh yang sudah tiba di Tanah Suci berjumlah 1.571 orang. Selama di Mekkah, jemaah Aceh menempati pemondokan di Hotel Loulouat Al Mashaer.

“Alhamdulillah semua jemaah Aceh yang tiba di tanah suci dalam keadaan sehat,” kata Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Aceh, Drs H Azhari MSi, Ahad pagi jelang pelepasan kloter 5.

Azhari meminta jemaah untuk menjaga kesehatan selama di tanah suci. Mengingat cuaca yang panas, Azhari meminta jemaah untuk biasakan minum walaupun sedikit-sedikit.

“Jemaah juga diminta untuk istirahat yang teratur dan makan yang cukup. Semoga jemaah kita di tanah suci bisa beribadah dengan lancar,” ujar Azhari. 

Dalam kesempatan itu, Azhari juga menyampaikan bahwa jemaah haji Aceh kloter 1 sudah mulai menerima pembagian dana wakaf Baitul Asyi yang diserahkan oleh Pengelola Wakaf Syeikh Abdul Latif Baltou pada Sabtu (1/6/2024) malam WIB.

Wakaf Baitul Asyi merupakan wakaf yang diberikan oleh Habib Abdurrahman bin Alwi, atau yang lebih dikenal sebagai Habib Bugak Asyi, terkhusus untuk jemaah haji asal Aceh.

Wakaf produktif ini dikelola Baitul Asyi, yang berupa hotel dan perumahan di sekitar Masjidil Haram. Tahun ini, setiap jemaah Aceh mendapat 1.500 riyal atau setara Rp6,5 juta dari wakaf tersebut.

“Alhamdulillah, pembagian uang wakaf Habib Bugak Asyi tahun ini masih sama dengan tahun lalu, yaitu 1.500 riyal per jemaah,” sebut Azhari. [*]

Keyword:


Editor :
Redaksi

kip
riset-JSI
Komentar Anda