dinsos
Beranda / YouTube Video / Program Gepeuaman, Inovasi Pertanian Hasilkan Panen Padi Melimpah

Program Gepeuaman, Inovasi Pertanian Hasilkan Panen Padi Melimpah

Jum`at, 23 September 2022 21:45 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Redaksi

DIALEKSIS.COM | Aceh - Pemerintah Aceh melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh telah meluncurkan Program Gerakan Produktivitas Lahan Sawah Pra Tanam yang disingkat Gepeuaman, yaitu sebagai salah satu upaya peningkatan produktivitas lahan sawah.

Adapun metode dan sistem penerapan program Gepeuaman terhadap petani di kabupaten/kota yaitu, dengan cara mensosialisasikan program ini kepada petani untuk menggunakan pupuk organik dan mengurangi penggunaan pupuk kimia, serta melatih petani untuk membuat pupuk organik sendiri dengan bahan organik di sekitarnya.

Pidie menjadi salah satu Kabupaten yang telah menerapkan program Gepeuaman dan sudah terbukti menghasilkan keuntungan yang melimpah.

Pada Tahun 2021 dibuat percontohan di Kabupaten Pidie seluas 200 hektar, dari percontohan tersebut dihasilkan produksi mencapai 12 ton/hektar Gabah Kering Panen (GKP).

Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Keumala Kabupaten Pidie, Nazariah mengatakan, penyuluh dan petugas lapangan selalu mensosialisasikan program Gepeuaman kepada petani.

Terdapat perbedaan penyaluran bantuan yang diterima oleh penerima manfaat dalam penerapan program Gepeuaman.

Untuk masing-masing kegiatan pengembangan dan kegiatan dukungan diberikan benih padi sekitar 25 Kg per hektar dikali dengan total luas lahan yang mencapai 600 hektar.

Nazariah menjelaskan, penerima manfaat bantuan itu harus bergabung dalam kelompok tani dan tercacat namanya dalam SK Bupati Pidie. Saat ini, untuk penerima manfaat kegiatan pengembangan ada 21 kelompok tani dan kegiatan dukungan 18 kelompok tani.

Nazariah berharap kedepannya kegiatan seperti ini terus berlanjut, agar dapat meringankan masyarakat tani, karena mayoritas masyarakat di Keumala, bertani merupakan mata pencaharian utama.

======================================================== Credit Video: Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh bekerja sama dengan Dialeksis TV

#Gepeuaman #distanbunAceh #dialeksistv #inovasipertanian #penyuluhpertanian #kesejahteraan #provinsiaceh #bertani #benihpadi #produksi #bupatipidie #kabupatenpidie #dialeksis.com #pidie #kelompoktani #pupukorganik

========================================================

Jangan lupa tekan tombol LIKE, COMMENT, SUBSCRIBE, dan SHARE juga ke semua grup FACEBOOK dan WHATSAPP.

Update terus berita terbaru dan populer lainnya di: www.dialeksis.com

Follow juga akun sosial media kami

Instagram: @dialeksis.news

Twitter: @dialeksisnewsac

Facebook: Dialeksis

Keyword:


Editor :
Indri

dinas perikanan
dinas pendidikan dayah
esdm
Komentar Anda